The Weekender: Flea Market Pertama di Jakarta diadakan di Pasar Santa

0

Jakarta, 30 Juni 2018 – Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli. Tetapi bagi sebagian besar generasi millennials, pasar di Jakarta saat ini sudah kurang menarik untuk dikunjungi, apalagi dengan maraknya belanja online saat ini. Melihat fenomena tersebut, HIPMI JAYA sebagai perhimpunan pengusaha muda di Jakarta yang sebagian besar anggotanya adalah pengusaha UKM berinisiasi untuk mengembalikan fungsi pasar sebagai tempat jual beli yang seru dan menyenangkan. Dengan mengajak kolaborasi Market Museum -acara pop-up bazaar kekinian yang sering diadakan di Jakarta- dan didukung penuh oleh PD Pasar Jaya, maka acara The Weekender yang berkonsep Flea Market pertama di Jakarta akan diadakan di Pasar Santa hari Sabtu-Minggu (30 Juni – 1 Juli) ini.

Perkembangan industri UKM di Indonesia semakin meningkat dan aktif, terutama di DKI Jakarta. Oleh karena itu, HIPMI JAYA menjalin kolaborasi dengan Market Museum menyelenggarakan acara The Weekender sebagai bentuk nyata guna memberikan wadah bagi para UKM untuk menjual produknya di tempat orisinalnya, pasar. Didukung oleh PD Pasar Jaya, acara berkonsep Flea Market pertama di Jakarta ini diadakan di Pasar Santa yang notabene pernah menjadi barometer tempat ngumpulnya para anak millennials beberapa waktu lalu.

Diatce G Harahap selaku Ketua HIPMI JAYA Bidang UKM & Start-Up mengungkapkan, “Setelah mengadakan acara Usaha Kecil Melejit beberapa bulan yang lalu, kami ingin terus memberikan kesempatan bagi para UKM di Jakarta agar dapat terus naik kelas, salah satunya dengan mengadakan acara The Weekender ini. Lebih dari itu, kami juga melihat kondisi pasar di Jakarta yang sudah kurang diminati anak millennials untuk dikunjungi. Dengan dukungan PD Pasar Jaya, kami mempunyai mimpi yang sama untuk mengembalikan fungsi pasar sebagai tempat yang seru dan menyenangkan untuk dikunjungi”.

The Weekender menghadirkan 32 UKM di Jakarta untuk dapat memperlihatkan dan menjual karyanya. Dengan konsep Flea Market yang pertama kali diadakan di Jakarta oleh tim Market Museum, acara ini diharapkan dapat membuat para anak millennials memperhitungkan pasar sebagai tempat alternatif untuk berbelanja. “Kolaborasi ini merupakan bentuk CSR kami kepada komunitas yang sudah mendukung Market Museum selama beberapa tahun terakhir. Biasanya kami membuat pop-up bazaar di mal ataupun tempat outdoor yang kondusif, ini pertama kalinya kami mengadakan pop-up bazaar di pasar,” tambah Namira Syarfuan selaku salah satu Co-Founder Market Museum.

Arief Nasruddin selaku Direktur Utama PD Pasar Jaya mengatakan, “Saya sangat senang ketika didatangi oleh anak-anak muda yang penuh semangat dari HIPMI JAYA dan Market Museum. Mereka mempunyai tujuan yang sama dengan saya yakni bagaimana bisa membuat pasar-pasar di Jakarta kembali menjadi tempat yang menyenangkan, langsung saya dukung 100%. Pasar Santa ini hanya sebagai awal mulanya. Kita akan lihat hasilnya nanti, kalau tanggapan dari masyarakat positif, tidak menutup kemungkinan kita akan adakan acara sejenis di pasar-pasar lainnya di Jakarta”.

Acara ini akan berlangsung selama dua hari, tanggal 30 Juni – 1 Juli 2018 mulai dari jam pagi sampai malam selayaknya jam pasar beroperasi. “Saya melihat acara The Weekender ini dapat menjadi salah satu penyemangat teman-teman UKM di Jakarta untuk terus berkreasi dan berkarya karena kami akan secara berkesinambungan mengadakan acara-acara serupa khusus untuk para UKM di Jakarta,” tutup Afifudin Kalla selaku Ketua Umum HIPMI JAYA.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here