UNBK SMA di Rasa Sangat Sulit, Instagram Kemendikbud Banjir Komentar

0

UNBK dihadapi para siswa SMA pada tanggal 9 April-12 April 2018 lalu, membuat akun instagram milik kemendikbud banjir komentar. Para siswa mengungkapkan berbagai macam komen yang berisi keputus asaan para pelajar SMA mengenai soal ujian mereka yang dirasa sangat sulit. Siswa mengaku bahwa soal ujian yang di keluarkan tidak sama seperti yang telah mereka pelajari.

Menanggapi hal tersebut, seperti yang dilansir oleh Detikcom Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menanggapi soal curhat siswa SMA yang menganggap soal di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sulit. Muhadjir mengatakan soal UNBK memang tidak memiliki tingkat kesulitan yang sama. Kemendikbud sengaja menyisipkan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun, kata Muhadjir, jumlahnya tak banyak.

“Tahun ini mulai disisipkan soal-soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (Higher Order Thinking Skills). Tetapi jumlahnya kurang dari 15 persen. Jadi, mestinya soal yang bertingkat kesulitan ringan dan sedang jauh lebih banyak.” “Banyak itu relatif. Sekarang belum bisa diketahui berapa persen dari 1.533.937 siswa yang ikut UN yang mengalami kesulitan. Kalau yang dijadikan dasar tulisan di medsos, sebetulnya tidak banyak. Hanya memang bikin heboh saja,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini

Meskipun komen yang diberikan mereka dinilai mengkritik, banyak lelucon lucu nan kreatif yang dilontarkan oleh para pelajar SMA yang membuat para netizen tersenyum dan terhibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here