Tukang Cukur Jadi Dokter Ahli Bedah

0

Gedung De Javasche Bank atau Bank IndonesiaåÊdulunya didirikan di tanah bekas rumah sakit. Rumah sakit itu didirikan pada pertengahan abad ke-18. Peralatan medis dan pengobatannya masih terbatas. Oleh karena itu, lebih dari 50% pasien meninggal dunia sehingga Batavia mendapat gelar ‰Û÷makam orang Belanda‰Ûª.

Bagaimana kabar orang yang sakit, tetapi nggak bisa ke rumah sakit? Menurut Alwi Shahab dalam penelitiannya yang berjudul Batavia Kota Hantu, bukan hal yang mengherankan jika teman yang pada pagi harinya bermain bersama kita, tetapi sore harinya dikabarkan meninggal dunia.

Meskipun tersedia beberapa orang dokter, di rumah sakit pemerintah‰öÕyang pasiennya kebanyakan orang Belanda dan Eropa‰öÕdokter yang melakukan operasi bedah adalah tukang cukur. Saat itu, pisau cukur terlebih dahulu dibakar agar steril, kemudian digunakan untuk membedah tubuh pasien.

Sayangnya, obat bius saat itu nggak sebaik sekarang. Merupakan hal yang biasa jika saat atau setelah dioperasi pasien menjeritåÊsehinggaåÊdidengar oleh pasien-pasien lain‰öÕdan tentunya membuat stress. Setelah operasi, banyak pasien yang meninggal terkena infeksi karena belum ada obat antibiotik. Menyeramkan, bukan?

åÊ

Hartika Arbiyanti

Foto: Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here