Ngopi Asyik Bersama Founders Qasir.Id

0

Bertempat di Excelso Veranda, Cibis Nine Cilandak, Komunitas Bacadulu mengadakan acara Ngopi Asyik bersama Rachmat Anggara (Co-Founder/ COO Qasir.Id), Novan Adrian (Founder/CEO Qasir.Id) dan rekan-rekan pegusaha lain.

Kedua founder Qasir pada kesempatan ini memperkenalkan Qasir kepada Komunitas Bacadulu. Qasir sendiri adalah alat aplikasi sistem dagang online yang bertujuan untuk membantu UMKM berjualan dengan menyediakan sistem pencatatan yang mudah, pengawasan stok, dan laporan sederhana.

“Diharapkan dengan adanya Qasir, pengusaha UMKM seperti pedagang kelontong, restoran dan sebagainya dapat terbantu dalam proses pembukuannya sehingga mudah memonitor pencatatan keuntungan ataupun stok dagang” ujar Rahmat.

Rahmat yang dulu pernah menjadi pekerja profesional pun berbagi pengalaman awal mula terjun menjadi seorang pengusaha. Dia mengatakan bahwa  memang tidak mudah memulai jadi pengusaha. Namun tekad dan niat baik menjadi modalnya untuk menjadi pengusaha.

Rachmat Anggara

“Selain mendapatkan peluang pendapatan yang lebih besar dibanding jadi pegawai, sebagai pengusaha saya mendapat kepuasan tersendiri ketika melihat pegawai kita bisa membeli motor, membayar keperluan bersalin isterinya dan bisa hidup dengan sejahtera bersama keluarga. Menjadi pengusaha juga mengemban misi sosial. Kita bisa membantu mengurangi pengangguran.” ujarnya.

Novan yang pernah menduduki prosisi Technical Director di salah satu perusahaan, juga berbagi pengalamannya memulai usaha. Novan mengantakan bahwa awalnya orang tuanya juga tidak yakin tentang cita-citanya menjadi seorang pengusaha. Kebanggaan Novan adalah ketika dia bisa membuktikan bahwa Pengusaha itu bukan pekerjaan yang “tidak jelas”.

Novan Adrian (Tengah)

“Ketika mulai jadi pengusaha kita harus tahu dulu nih WHY-nya? Kenapa kita menjadi pengusaha? Ketika WHY-nya besar maka kita tidak perlu khawatir agak kegagalan. Selain itu untuk memulai usaha juga kita harus punya wawasan, sehingga bisa mengukur risiko dalam berbisnis.” ujar Novan.

Novan menambahkan bahwa hal yang paling mulai untuk memulai usaha adalah ketahui terlebih dahulu passion kita. Dari passion tadi, kita bisa menentukan industri atau usaha apa yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita.

Acara Ngopi Asyik Komunitas Bacadulu  juga diapreasiasi oleh Pangeran Artha, Ketua Bidang 5 HIPMI BPC Jakarta Pusat. Artha mengatakan bahwa Komunitas Bacadulu bisa berdampak positif untuk mempropagandakan semangat entrepreneurship di Indonesia.

Pangeran Artha

Antusias peserta pun semakin meningkat pada saat sharing session. Salah satu pastisipan yang juga seorang pengusaha IT, Tedja Soemantri juga berbagi tentang masalah cash flow management. Bagaimana tantangan pengusaha dalam mengelola keuangan. Tedja juga mengapresiasi Qasir karena dapat membantu pengusaha UMKM dalam masalah pencatatan laporan usaha.

Tedja Soemantri

Meskipun acara diadakan secara santai namun tidak mengurangi misi Komunitas Bacadulu, yaitu menyebarkan semangat entrepreneurship kepada masyarakat luas.

Buat kalian yang ingin mengikuti acara Ngopi Asyik bareng Komunitas Bacadulu, bulan Maret acara serupa akan kembali digelar dengan bekerjasama dengan Excelso Veranda, Cibis Nine.  Tentu saja acara kedepan akan diisi oleh narasumber lain yang tak kalah berwawasan dalam bidang kewirausahaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here