Tips Bagi Pengusaha Pemula

0

Sebagia besar pemula atau orang yang baru pertama kali akan memulai usaha selalu disibukan dengan persoalan uang. Modal uang buat mereka adalah segala-galanya sehingga menilai kebutuhan modal suatu usaha dinilai terlalu besar. Hal ini menyebabkan beberapa pemula mengurungkan niatnya menjadi pengusaha.

Berikut dasar utama menjadi seorang wirausaha pemula

Mindset atau pola piker

Modal utama dalam bisnis yang paling utama, entah apapun usahanya adalah mindset. Mindset pengusaha berbeda dengan mindset karyawan. Pengusaha memiliki visi yang jauh kedepan tentang apa yang ingin dicapainya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Keahlian dan Pengetahuan

Seorang pengusaha harus memiliki jiwa mau ‰ÛÏbelajar‰Û untuk meningkatkan pengetahuan dan keahliannya. Pengusaha harus menguasai permasalahan yang akan dihadapi dan mampu mengatasi berbekal pengetahuan dan keahliannya.

Fokus pada satu bidang bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

Mau belajar dari kesuksesan orang lain

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik

Yakinlah bahwa tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis kamu, karena mereka belum tahu standar dari konsep bisnis kamu. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para investor. Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu yang terbaik, lalu percayalah bahwa para investor yang akan mencari kamu.

åÊ

Agustino

Foto : tommclife

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here