Menghadapi anak yang mendadak nggak mood untuk berangkat sekolah mungkin adalah hal yang paling menyebalkan. Namun, jika kita melakukan tip di bawah ini, dijamin anak bakalan lebih respect kepada kita.

Jangan Marah

Sebagai orangtua, kita mengetahui bahwa anak paling benci dimarahi. Oleh karena itu, kita jangan langsung marah. Selidiki terlebih dahulu mengapa anak malas berangkat sekolah. barangkali ada hal yang bikin ia enggak nyaman atau merasa takut dengan suatu hal di sekolah.

Negosiasi

Bicaralah dari hati ke hati kepada sang buah hati dengan lembut. Bikin ia nyaman dan utarakan apa yang kita inginkan kepadanya. Bujuklah agar ia mau untuk berangkat sekolah.

Disiplin

Jika tahap negosiasi belum bisa meluluhkan hatinya, kita bisa memberikan pemahaman bahwa sekolah mempunyai aturan yang harus dijalankan. Jika nggak mematuhinya, jelaskan kepadanya bahwa ia akan mendapatkan hukuman.

Waktu Luang

Berikan waktu luang berkumpul dengan sang buah hati. Anak membutuhkan dorongan dan motivasi dari orangtuanya agar membuatnya tenang dan merasa terlindungi. Jadikan diri kita sebagai teman curhat buah hati kita agar kita lebih mengetahui masalah apa yang sedang dihadapinya dan memberikannya solusi.

 

Hartika Arbiyanti

Foto: Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here