Tip Lulus Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

0
Foto: Pixabay

Bagi pelajar kelas 9 SMP/MTS dan 12 SMA/SMK/MA atau sederajat, mengikuti Ujian Nasional bukanlah hal yang baru. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan membawa peralatan tulis lengkap, generasi sekarang lebih dipermudah dengan menggunakan komputer. Namun, UNBK tetaplah menjadi momok yang menakutkan karena nilai UNBK digunakan untuk mendaftar SMA atau perguruan tinggi. Simak tip-tip berikut ini agar kita lulus UNBK dengan hasil yang gemilang.

Persiapan

Persiapan sebelum UNBK adalah hal wajib yang kita lakukan. Biasanya, sekolah sudah membantu kita lewat Pedalaman Materi (PM) agar kita lebih siap mengikuti UNBK. Kurangi bermain dan fokuslah kepada pelajaran yang diujikan. Jangan sungkan bertanya kepada guru jika menemui kesulitan dalam memecahkan soal. Jika orangtua kita mampu secara finansial, kita bisa membujuk orangtua kita untuk meminta les di bimbingan belajar.

Alat Tulis dan Kartu Ujian

Menyiapkan alat tulis dan kartu ujian adalah dua benda penting yang wajib dibawa saat UNBK berlangsung. Pastikan sebelum ujian berlangsung kita sudah mempersiapkan dengan baik. Jangan sampai kita meninggalkan dua benda penting tersebut. Nggak mau kita jadi nggak fokus saat ujian, kan?

Tenang dan Teliti

Saat memasuki ruang ujian, jangan sampai kita gugup. Soalnya, nih, semakin kita nervous, semakin besar juga kita nggak teliti dalam mengerjakan soal. Kita pun jga terikat dengan waktu. Jangan sampai karena kita nggak tenang dan teliti, hasil UNBK menjadi menurun. Kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu dan jangan tergesa-gesa. Kerjakan semua soalnya. Pastikan kita nggak melewatkan soal-soal UNBK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here