Telur atau Ayam Duluan? Ini Jawaban Ilmiahnya

0

Pernah dengar candaan klasik, “Siapa yang ada lahir, telur atau ayam?” Orang-orang kebanyakan pasti akan menganggapnya sebagai candaan sehingga sedikit sekali orang yang mau membahasnya secara serius. Saat ditanya begitu, pada awalnya kita mungkin akan asyik berdebat dan mempertahankan keyakinan kita. Namun, lama kelamaan, kita akhirnya bosan dan menyerah. Kenapa? Ya, karena nggak ada bukti pastinya. Jadi, perdebatan pun nggak akan menemui titik tengah atau kesimpulan. Kini, pertanyaan tersebut sudah dibahas secara ilmiah, lho.

Siapa yang ada duluan, ayam atau telur? Jawaban ini ditemukan oleh sekelompok peneliti dari Inggris. Pada musim panas di tahun 2010, para peneliti meretakkan telur dan mempelajari komponen di dalam cangkangnya. Akhirnya, ditemukan bahwa bahwa di dalam cangkang tersebut, ditemukan protein yang secara eksklusif hanya ada di dalam ovarium ayam. Maka, jelas terbukti bahwa ayam pasti lebih dulu ada daripada telur.

Lalu, dari manakah ayam berasal? Menurut teori Darwin, ayam yang didomestikasi saat ini adalah keturunan dari unggas hutan merah sekitar 5000 tahun yang lalu. Namun, teori ini dibantah oleh penelitian-penelitian yang lebih mutakhir, di mana ayam seharusnya tidak berasal dari satu spesies saja, namun merupakan percampuran paling tidak dua spesies yaitu  unggas hutan kelabu dan unggas hutan merah.

Sementara, untuk membahas tentang dari mana unggas hutan kelabu maupun merah berasal, kita perlu menengok bagaimana teori asal usul ayam. Peneliti selama ini percaya bahwa ayam adalah salah satu dari 3 jenis makhluk hidup pada masa dinosaurus dan terus bertahan hidup hingga saat ini.  Ketiganya adalah dinosaurus, buaya, dan spesies unggas. Dinosaurus tidak dapat bertahan dan punah. Buaya tetap bertahan hidup dengan evolusi yang lambat, sementara burung berevolusi dengan cepat. Itulah sebabnya, buaya lebih mirip dengan dinosaurus meskipun ketiganya berasal dari masa yang sama.

Dari evolusi burung yang terjadi, ayam merupakan spesies yang paling dekat kekerabatannya dengan dinosaurus. Hal ini dapat dibuktikan dengan kesamaan pola rangkaian asam amino dalam fosil tulang T.Rex dan kolagen yang ada di dalam tulang ayam. Kesamaan ini menunjukkan bahwa keduanya memiliki hubungan yang erat.

Mega Fitriyani

Foto: Pixabay

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here