Kesuksesan Alamsyah Cheung Dengan Inovasi Fox Logger

0

Tingginya jumlah pengguna motor dan mobil di Jakarta menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pemilik kendaraan atau pengusaha rental kendaraan. Berbagai aksi penggelapan mobil kerap terjadi menimpa pengusaha mobil rental. Hal ini tentu sangat merugikan bagi pemilik mobil. Pengusaha rental harus benar-benar selektif memilih supir yang akan dijadikan partner kerjasama.

Namun beda halnya dengan pengusaha muda yang satu ini, Alamsyah Cheung, pemuda kelahiran 1987.  Di usianya yang terbilang muda, Alamsyah mampu melihat peluang bisnis untuk menghasilkan pundi uang. Berbekal pengalaman selama lebih dari 7 tahun berkecimpung di dunia penjualan alat GPS membuat Alamsyah Cheung percaya diri membangun perusahaan GPS Tracker yang diberi nama FOX logger.

“Alat GPS yang beredar di Indonesia sangat banyak, tapi sampai sekarang belum ada aplikasi yang bisa menghubungkan alat tersebut ke smartphone dengan mudah,” ungkap Alamsyah menjelaskan awal mula ia mendirikan Fox Logger.

Setelah melakukan riset pasar selama kurang lebih lima bulan, pada Mei 2015 Alamsyah dan partnernya Darren memutuskan untuk mengumpulkan tim dan mengembangkan aplikasi Fox Logger. Aplikasi ini pun resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2016.                Perusahaan yang terletak di Jalan Sunggai Sambas VI Jakarta Selatan ini telah menjalin kerja sama dengan banyak distributor GPS di 52 kota besar sehingga mampu melakukan pemasangan hampir di seluruh kota besar di Indonesia.

Alat GPS Tracker milik Alamsyah berhasil mencuri banyak perhatian dari perusahaan jasa rental kendaraan. Jasa pemasangan alat GPS tracker yang ditawarkannya mampu membuat pengusaha mobil rental dan pemilik kendaraan pribadi merasa aman dari resiko pencurian.

Ketika diminta menjelaskan lebih lanjut tentang Fox Logger GPS, Alamsyah mengatakan bahwa produknya merupakan sebuah platform yang berfungsi sebagai sistem manajemen transportasi yang memungkinkan pengguna memantau aktivitas kendaraan. Pantauan tersebut meliputi jarak tempuh setiap harinya, lokasi parkir, cepat laju kendaraan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar hingga mendeteksi keberadaan kendaraan berdasarkan letak geografis tertentu.

Saat ini GPS Tracker FOX Logger telah berinovasi menciptakan platform GPS tracking system 2.0 yang lebih mengakomodir kebutuhan konsumen. Pelayanan yang diberikan oleh GPS tracking system juga meliputi pelacakan Smartphone yang berfungsi untuk melihat aktivitas pergerakan smartphone Android yang dibawa karyawan, atau kolega. Selain itu, FOX Logger tidak hanya memberikan pelayanan pemantauan dan pelacakan kendaraan semata. Produk layanannya juga mampu memberikan data pergerakan yang akurat sehingga dapat membantu manajemen perusahaan untuk meningkatkan efektifitas kinerja.

“Dengan Fox Logger GPS Tracking System 2.0 ini, para pengusaha di bidang logistik kini tidak perlu lagi menghabiskan banyak biaya telepon untuk memastikan sopir truk ada di mana. Cukup membuka handphone, tablet atau komputer sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan berada, bahkan hingga mengetahui seberapa cepat sopir dalam mengemudi,” terang Alamsyah.

Menurut keterangan Alamsyah, hingga saat ini perusahaanya sudah memasang lebih dari 5000 alat GPS tracking system 2.0 di beberapa kendaraan milik perusahaan maupun pribadi. Kebanyakan pelanggan merasa puas menggunakan jasa FOX Logger. Jadi tidak perlu merasa heran jika banyak perusahaan memberikan testimoni positif dan jasanya pernah diliput oleh beberapa koran nasional.

Salah satu klien dari FOX logger adalah pemerintah provisi DKI Jakarta. FOX Logger mendapat kontrak selama satu tahun menjadi “Official Partner” untuk pemantauan kendaraan unit kerja Pemprov DKI Jakarta. Hal ini menjadi bukti bahwa kualitas FOX Logger dapat diandalkan untuk menjamin keamanan dan peningkatan kualitas kerja.

“Sistem yang kami miliki dapat dengan mudahnya dikoneksikan ke sistem smart city yang ada di kota manapun. Oleh karena pertimbangan itulah kami bisa dipinang oleh tim Pemprov DKI Jakarta. Setidaknya sekarang kami sudah memiliki pengalaman yang baik mengenai manajemen kendaraan, tidak hanya kelas korporasi tapi juga sekelas provinsi”, terang Alamsyah.

Setelah sukses menekuni dunia GPS, saat ini Alamsyah melirik dunia bisnis kosmetik. Produk pelangsing dan penyubur rambut miliknya akan diluncurkan dalam waktu dekat. “Doakan saja semoga bisnis baru ini bisa jauh lebih sukses lagi” kata Alamsyah.

Alamsyah memberikan beberapa tip untuk generasi muda yang ingin mengembangkan usahanya. “Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang hasilnya telah pasti. Karena membangun bisnis apapun hasilnya sudah pasti, kalau tidak berhasil ya gagal. Tapi yang paling penting adalah bagaimana sikap kita merespon hasil dari keberhasilan atau kegagalan usaha yang telah kita bangun. Karena kedua-duanya dapat memberikan pengalaman yang berharga” pesan Alamsyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here