Rumah Millennials, sebuah platform konektor, katalisator, mobilisator, dan akselerator sosial bagi generasi muda di Indonesia, kembali menyelenggarakan event dialog antar millennials yang bertajuk M-Talks (Millennials Talks) pada 21 oktober 2017 pukul 10.00 hinggal 14.30 WIB. Berlokasi di Galeri Smartfren Sabang, Jl. H. Agus Salim no.45, Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema “Memahami Industri Penyiaran Ala Millennials”, generasi muda diajak untuk memahami lebih dalam lagi mengenai industri penyiaran di Indonesia di tengah era digital yang berkaitan erat dengan generasi ini.

M-Talks adalah program jejaring dan dialog rutin dari dan antar millenials yang berkarya dan memiliki dampak positif. Sesi ini merupakan salah satu program utama kegiatan yang diinisiasi oleh Rumah Millenials, bertujuan untuk memfasilitasi pemuda-pemudi, anak muda, millenials, generasi muda Indonesia untuk berjejaring, belajar, berbagi cerita, karya, inspirasi dan saling membuka peluang untuk bekerjasama, bersinergi serta gotong royong lintas karya dan bidang. Dengan aktifitas: Millennials Panels Discussion (Dialog M-talk), Millennials Minds Session, dan Millennials Networking.

Seiring dengan maraknya penggunaan teknologi berbasis digital di Indonesia, jurnalisme online perlahan-lahan menjadi pesaing ketat dari jurnalisme konvensional seperti media cetak dan juga penyiaran. Bertambahnya pengguna telepon pintar serta semakin mudahnya koneksi internet, pada akhirnya berdampak pada banyaknya informasi beredar setiap harinya melalui kanal-kanal berita online yang flexibel, real time, dan attractive.

Meski demikian, sebuah survei yang di publikasikan oleh MarkPlus menunjukkan bahwa hingga saat ini televisi masih menjadi medium yang paling banyak diakses oleh generasi muda di Indonesia, disusul oleh internet yang menduduki peringkat ke dua. Merujuk pada survei yang sama, setidaknya 7 dari 10 anak muda di Indonesia lebih memilih televisi sebagai sumber informasi utama. Hal ini menandakan bahwa media penyiaran atau televisi masih mendominasi distribusi informasi kepada generasi millennials Indonesia yang jumlahnya mencapai 32 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Sebagai salah satu dengan audiens terbanyak, seharusnya siara televisi dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyebarkan tayangan yang mencerdaskan, hiburan yang menyegarkan, serta berita yang informatif.

Millennials sebagai generasi yang kedepannya akan mendominasi dan memiliki peran penting dalam berbagai sektor industri, diharapkan mampu turut berkontribusi dalam membangun penyiaran Indonesia yang sehat. Karenanya, dalam sesi M-Talks kali ini, Rumah Millennials menghadirkan beberapa tokoh yang ahli di bidangnya untuk memberikan materi serta diskusi terbuka mengenai industri penyiaran di Indonesia, antara lain: Yuliandre Darwis (Ketua KPI & Ketua Umum ISKI), Gustav Aulia (Senior Journalist), Enda Nasution (Digital Expert & Executive Director Gerakan 1000 Startup Indonesia), Nendra Rengganis (COO Hipwee), Maggie Calista (Journalist Metro TV), Samirah Begum (Journalist Metro TV), Karina Soerja (Announcer Mustang 88 FM & Creative Writer).

Rumah Millennials akan terus menghadirkan M-Talks dengan mengangkat isu-isu menarik dan menyentuh ‘dunia’ generasi millennials. Dengan konsep panel discussion, mind session, and networking, diharapkan M-Talks dapat memfasilitasi millennials untuk saling belajar, berjejaring, berbagi cerita, karya, inpirasi, dan saling membuka peluang untuk bekerjasama, bersinergi serta gotong royong lintas karya dan bidang dengan millennials inspiratif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here