Rapat Efektif Bikin Kerja Produktif

0
Foto: Pixabay

Udah nggak zaman lagi rapat dalam waktu yang lama. Biar rapat kerja kita efektif, yuk, simak tip-tip berikut ini agar rapat efektif bikin kinerja kita semakin produktif.

Tingkat kepentingan

Perhatikan tingkat kepentingan rapat yang akan kita hadiri, apakah semua anggota harus hadir atau nggaknya. Jika nggak terlalu membutuhkan kehadiran semua anggota, lebih baik kita rapat via WhatsApp atau milis email.

Waktu

Estimasikan waktu saat kita rapat. Jangan sampai kita membuang waktu hanya karena solusinya belum tercapai. Pastikan anggota rapat mematuhi peraturan terhadapt waktu agar dapat menemukan solusi dari permasalahan tugas atau proyek.

Nonaktif gadget

Matikan semua gadget yang kita miliki saat akan rapat. Soalnya, pikiran kita akan terbagi jika belum mematikan gadget dan bikin kita nggak fokus saat rapat. Misalnya, saat rapat, eh, kita malah sibuk membalas pesan WhatsApp teman.

Persiapan

Buatlah poin-poin pokok pembahasan dengan singkat, jelas, dan padat agar saat rapat, pokok pembahasaan nggak akan melenceng ke topik lain, seperti membicarakan orang atau bergosip yang bikin waktu kerja kita nggak produktif.

Langsung putuskan hasil

Jika tenggang waktu rapat hampir selesai, segera putuskan hasil dan solusinya agar kita dapat menghemat waktu dan nggak membuat rapat-rapat selanjutnya dengan masalah yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here