Pesona Alam Air Terjun Curug Leuwi Hejo

0

Bogor,Bacadulu.News – Kota Bogor merupakan salah satu Kota yang mmengalami kemajuan cukup pesat dalam bidang pendidikan dan teknologi. Kota yang dijuluki kota hujan ini, memiliki curah hujan lebih tinggi dibanding kota lainnya.åÊ Bogor juga memiliki keindahan alam yang mempesona. Salah satu tempat wisataåÊ yang terkenal dan sangat diminati masyarakat di Bogor yaitu Curug Leuwi Hejo. Curug Leuwi Hejo sangat memikat karena memiliki kolam air terjun yang kehijau-hijauan sesuai kata “hejo” dalam bahasa Sunda yang berarti hijau.

Bogor, Jawa Barat merupakan surganya bagi masyarakat yang ingin menikmati wisata curug atau air terjun. Tak heran, selain Kota Hujan, ada yang menyebut Bogor sebagaai Kota Seribu Curug.

Kali ini, kita akan berjalan ke bagian hulu lagi dari curug yang terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang ini. Berjalan menuju perkampungan terdekat Cibeureum, lalu menyusuri jalan setapak dan treking sungai, sampailah di curug lain yaitu Curug Ciburial. Curug Ciburial ini merupakan induk atau asal air yang mengalir ke Curug Leuwi Hejo.

Semua tempat di Curug Ciburial lokasi tepat untuk mengabadikan perjalan dengan berfoto. Jika Anda sedang berrekreasi ke Bogor, Curug Ciburial bisa menjadi daftar tujuan petualangan alam Anda. Curug ini terletak di Desa Cibereum, Sentul.

Ciburial dalam bahasa Sunda berarti air yang keluar dari bawah. Seperi halnya air curug yang jatuh ke ketinggian, akan masuk ke kedalaman air di bawahnya lalu muncul kembali dalam bentuk gelombang.

Tak terbayang bukan, bagaimana alaminya Curug Ciburial. Curug Leuwi Hejo saja sudah banyak yang memuji kealamian airnya, apalagi ada curug lain yang lebih ke hulu dan memang agak sulit untuk dijangkau.

Perjalanan trekking ke Curug Ciburial memang membutuhkan tenaga. Jalanan licin dan harus mau berbasah ria menyusuri sungai adalah syarat untuk menikmati keindahan Curug Ciburial. Ketika sampai, rasa lelah Anda akan dibayar langsung bahkan sebelum menikmati dinginnya air Curug Ciburial.

Trekking ke Curug Ciburial dengan menyusuri sungai tergolong aman. Penduduk atau pengelola sudah memberikan kemudahan dengan menyediakan alat bantu tali di beberapa lokasi yang sulit dilewati. Namun bagi petualang sejati, keindahan alam bukan saja di tempat tujuan, setiap langkah perjalanan merupakan tempat wisata yang tak henti-hentinya menimbulkan decak kagum.

Curug Ciburial merupakan keindahan alam dengan dua air terjun saling berdekatan. Satu air terjun lebih tinggi dari yang satunya. Bagian bawah keduanya membentuk kolam penampungan yang merupakan tempat berenang atau hanya bermain air sekadarnya.

Berada di Curug Ciburial merupakan keistimewaan tersendiri bagipengunjung. Batu-batu di sekitar curug juga sebagai tempat memandang lepas ke arah air yang tak henti-hentinya bergemuruh.

Untuk sampai ke lokasi dari Sentul City, Anda terus melewati Giant, Jungle Land. Setelah Giant ambil arah ke Polsek Babakan Madang. Lurus terus hingga pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Dari pertigaan itu, belok kanan hingga bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah. Lalu ambil ke jalur yang ke kiri arah Desa Karang Tengah hingga sampai di pelang selamat datang di wisata Curug Leuwi Hejo. Dari arah ke Curug Hejo ini, Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan ke Curug Ciburial. (red/SAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here