Persiapan Belajar ke Luar Negeri

0
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Siapa, sih, yang nggak ingin melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri? Belum lagi lulusan S2 sangat menjanjikan untuk naik karier. Kalau kita mendapat beasiswa, mungkin keuangan kita nggak akan terganggu. Namun, bagaimana kalau kita berencana untuk self-funding?

Uang jaminan

Beberapa negara, terutama di Eropa, biasanya meminta persyaratan jaminan biaya pendidikan dan living allowance untuk menetap sementara di sana selama masa studi dengan nominal saldo tertentu. Pastikan kita sudah memperhitungkan soal ini.

Biaya cadangan

Jangan lupa pikirkan tentang dana cadangan untuk berjaga-jaga. Misalnya, biaya tak terduga dan biaya kesehatan. Soalnya, hidup di negara orang, kita harus mandiri. Lebih baik lagi kalau kita mengurus asuransi kesehatan yang biasanya tersedia di kampus.

Inflasi

Perhitungkan dana pendidikan jika kita berencana melanjutkan studi di luar negeri dalam 2-3 tahun mendatang. Misalnya, jika kita memilih kampus di Inggris dan dana pendidikannya sekitar 10.000 euro, tambahkan dengan biaya inflasi sekitar 12-15% tiap tahunnya untuk berjaga-jaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here