Obat Alami Dalam Pencegahan Kanker yang Dapat Kamu Konsumsi Sehari-hari

0
Foto: collective-evolution.com

Sel kanker merupakan sel yang pertumbuhan serta perkembangannya abnormal. Sel kanker memiliki kemampuan untuk menggandakan dan memperbanyak diri sebanyak-banyaknya. Kemudian sekumpulan sel kanker ini tumbuh menjadi sebuah jaringan baru yang disebut dengan tumor. Tumor terus berkembang seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan sel kanker, ketika tumor ini terus-menerus tumbuh tanpa henti maka dapat dikatakan sebagai tumor ganas. Sel kanker memiliki banyak perbedaan dengan sel normal dalam tubuh. Tidak hanya tumbuh secara agresif, namun sel kanker juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan membangun jaringan baru. Sel kanker juga tidak dapat mati dan rusak dengan sendirinya seperti sel normal lainnya. Berikut adalah jenis-jenis obat alami untuk pencegahan kanker yang dapat kamu konsumsi sehari-hari.

  1. Selama lebih dari berabad-abad yang lalu, nenek moyang kita sudah menggunakan jahe sebagai obat tradisional melawan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan perut sakit atau masuk angin. Ternyata jahe tidak hanya dapat meredakan rasa nyeri sakit perut atau masuk angin namun, penelitian baru membuktikan bahwa jahe mengandung komponen yang kuat yang dapat membunuh 10.000 kali sel kanker lebih efektif dibandingkan kemoterapi. Jahe dapat menjadi pengobatan untuk kanker ovarian, pencegahan kanker kolon, mengurangi peradangan dan sakit, pencegahan diabetes, mengurangi rasa sakit migrain, mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, dan pencegahan flu dan masuk angin.
  2. Sirsak dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah infeksi yang mematikan, mengobati kanker payudara, pankreas dan prostat serta kanker paru-paru. apa yang membuat sirsak menjadi salah satu obat alami anti-karsinogenik? Jawabannya adalah Komponen acetogenin, vitamin c dan anti oksidan yang terkandung pada sirsak dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan menetralisir radikal bebas. Sirsak terbukti dapat memotong aliran darah yang ada pada sel anomali, sehingga lambat laun sell kanker yang ditubuh dapat mati.
  3. Kunyit mengandung komponen bioactive yang secara dramatis dapat meningkatkan anti oksidan pada tubuh. Kurkumin yang juga merupakan kandungan dalam kunyit dapat mengobati diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, kunyit merupakan obat alami untuk memperlambat penuaan, mengurangi resiko penyakit otak, alzheimer, meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi resiko penyakit jantung.
  4. Frankincense. Selama lebih dari 5.000 tahun, frankincense (kemenyan) telah diketahui memiliki banyak manfaat dan tidak sekedar digunakan sebagai minyak urapan.Frankincense digunakan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi dan menyembuhkan penyakit, bahkan sebagai pengobatan alami potensial untuk kanker. Penelitian yang dilakukan oleh University of Leicester di Inggris telah membuka kemungkinan tentang potensi frankincense untuk mengobati kanker ovarium. Menggunakan senyawa AKBA (acetyl-11-keto-beta-boswellic acid), penelitian yang didanai pemerintah Oman menemukan potensi frankincense dalam menargetkan sel-sel kanker pada pasien kanker ovarium stadium akhir. Peneliti utama Kamla Al-Salmani menjelaskan: “Setelah setahun mempelajari senyawa AKBA dengan lini sel kanker ovarium in vitro, kami mampu menunjukkan bahwa frankincense efektif membunuh sel-sel kanker.”Frankincense (kemenyan) dianggap tidak memiliki efek samping.Temuan penelitian tersebut memiliki potensi besar untuk dibawa ke uji klinis di masa depan dan berkembang menjadi pengobatan tambahan untuk kanker ovarium. Perlu diingat bahwa penelitian ini memfokuskan pada Boswellic acid, senyawa larut dalam air yang hanya ditemukan dalam bubuk frankincense.
  5. Berdasarkan lebih dari 1.237 penelitian ilmiah (data 2011 – International Seabuckthorn Association) Seabuckthorn merupakan tanaman Herbal yg kaya Nutrisi serta sudah di Patenkan dlm Kitab Pengobatan China yang bermanfaat untuk Mencegah kanker, memperbaiki gejala kanker, membantu memperbaiki gejala penyakit sistem pencernaan, Membantu memperbaiki gejala penyakit kardiovaskuler, membantu memperbaiki gejala penyakit hati atau kandung empedu, Membantu menghilangkan peradangan, Seabuckthorn Oil dapat dipakai untuk sakit tenggorokan, tonsilitis, Sinusitis maksilaris, periodontitis dan erosi leher rahim, membantu memperbaiki bronkitis kronis,untuk luka bakar, kulit cedera, meningkatkan kualitas tidur, menyegarkan otak dan intelegensia,mendorong pertumbuhan anak-anak, memperbaiki Fungsi Pankreas sehingga membantu penyembuhan penyakit Diabetes.
  6. Mengkudu. Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
    • Zat Terpenoid – Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
    • Kandungan Nutrisi – Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.
    • Zat anti bakteri ( misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis) – Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah pace bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. BZat anti kanker – Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
    • Nutrisi. Pace memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Secara umum, pace adalah buah yang memberikan nutrisi secara lengkap. Berikut ini berbagai macam nutrisi yang ada dalam buah mengkudu, Protein, Vitamin, Mineral cukup. Mineral ada di dalam buah dan juga daun pace, Selenium. Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi, Senyawa dalam mengkudu juga terdapat berbagai macam senyawa aktif. Senyawa dalam buah mengkudu adalah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium.
  7. Minyak Jintan Hitam. Manfaat jintan hitam (habbatussauda) pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, ilmuwan Persia yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal dari Zaman Keemasan Islam, dalam jurnal medisnya Canon of Medicine. Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya. Dalam pengobatan tradisional, habbatussauda digunakan terutama sebagai perangsang produksi ASI, dan obat cacingan. Jintan hitam juga telah digunakan sebagai diuretik dan pelemas otot (untuk kedutan dan kejang), serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh guna melawan penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun lemah. Selain itu, jintan hitam telah digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat. Habbatussauda juga telah digunakan untuk mengobati mata merah (konjungtivitis), wasir, luka bernanah (abses), rematik, reaksi alergi, hingga masalah pencernaan — seperti diare, disentri, sembelit, kolik, dan perut kembung. Minyak habbatussauda yang dioles ke kulit juga dilaporkan bisa menyembuhkan reaksi alergi kulit akibat dermatitis kontak. Habbatusauda mengandung senyawa antioksidan etanol yang diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker dan perkembangannya seiring waktu pada tikus lab. Etanol ditemukan menghasilkan sekitar 80 persen efek perlindungan terhadap stres oksidatif dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif, yang memicu berbagai kerusakan sel dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here