Mohammad Rifqi Sukses Mendirikan 3 Cabang NomiNomi Delight

0
Mohammad Rifqi

Siapa yang tidak suka ramen? Jika kalian pernah ke Rawamangun, di sana ada restoran ramen lezat dengan harga yang ramah di kantong, yaitu NomiNomi Delight. Restoran ramen kekinian dengan konsep halal, NomiNomi Delight, saat ini sudah memiliki tiga cabang, yaitu Ramawangun, Galaxy Mall Bekasi dan Cikini.

Tim Bacadulu berkesempatan bertemu dan berbincang dengan founder dari NomiNomi Delight yaitu Mohammad Rifki mengenai bisnis kuliner yang digelutinya saat ini.

Apa yang memotivasi untuk terjun ke dunia bisnis?

Pertama awalnya saya adalah supplier bahan baku seperti sayur, buah dan bumbu untuk restoran. Tempo pembayaran ke supplier lama bisa sebulan atau dua bulan. Lalu saya berfikir lebih enak berbisnis restoran atau cafe karena customer bayarnya langsung dan cash.

Menu ramen khas NomiNomi Delight

Kenapa memilih ramen?

Awalnya NomiNomi delight bukan restoran ramen, tapi lebih ke Taiwanese desert house.
Saya suka sekali makan di Hong Tang, Pantai Indah Kapuk. Lalu saya bilang ke istri, kalau suatu saat saya ingin buat restoran yang seperti ini.

Lalu saya mengajak kawan-kawan saya yang waktu itu berjumlah 18 orang untuk berbisnis kuliner bersama. Seiring berjalannya waktu, kami merasa kurang lengkap kalau hanya desert saja. KIta pun mencari menu makanan yang belum ada di Rawamangun, sampai akhirnya kita memutuskan ramen yang berbahan baku halal.

Sebenarnya hobi makan atau hobi masak?

Hobi saya adalah  jalan-jalan dan kulineran. Saya sering keceewa kalau makan makanan yang tidak enak. Biasanya langsung saya cari tahu bahannya dan saya bikin sendiri di rumah.

Sebelumnya bekerja sebagai apa?

Saya sebenarnya adalah seorang engineer.  Saya lulusan teknik elektro. Namun saya sering sekali membaca buku motivasi dan biografi pengusaha sukses sehingga saya termotivasi untuk menjadi pengusaha.

Saya pun memutuskan resign lalu berjualan bakso di gerobak dan jus selama 6 bulan.
Karena hanya berbekal niat saja tanpa ada pengalaman, jadi kurang berhasil akhirnya bangkrut.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai bertemu dengan mentor-mentor yang mengajari saya sampai akhirnya saya mengerti tentang bisnis kuliner.

Pengalaman apa yang diambil ketika bisnis tidak berjalan baik?

Waktu itu uang dari kantor habis terpakai buat bisnis. Tidak lama, saya bikin bisnis baru bareng teman dan menggunakan uang dari bank. Bisnis inipun kembali bangkrut. Waktu itu saya harus menanggung cicilan ke bank. Sudah tidak punya gaji tapi harus bayar cicilan ke bank.

Kebetulan orang tua memiliki usaha supplier sayur, buah dan bumbu namun usahanya belum besar. Akhirnya saya memutuskan untuk membantu usaha orang tua. Di tengah jalan saya juga mengalami kendala karena bisnis supplier ini orang mengutang ke kita dengan tempo sebulan dua bulan dengan perputaran uang ratusan juta.

Setelah itu, saya kembali memutuskan untuk terjun ke dunia kuliner.

Kenapa diberi nama NomiNomi Delight?

Awalnya namanya adalah Nom Nom. Nom Nom itu artinya Nyam Nyam atau Yummy. Harapan kami untuk bisa menjual produk yang enak. Namun setelah dicek ke HKI, ternyata sudah ada yang memiliki nama Nom Nom, akhirnya kami ganti menjadi NomiNomi Delight. Nama NomiNomi akhirnya menjadi nama karakter badut gendut yang suka makan sebagaiman logo NomiNomi Delight.

Sampai saat ini sudah berjalan berapa tahun?

Grand opening NomiNomi Delight tanggal 16 Agustus 2015. Sampai saat ini sudah berjalan hampir 3 tahun.

Apa yang membedakan dengan ramen yang lain?
Pertama, bumbu ramennya saya yang bikin semua. Jadi rasanya tidak sama dengan restoran ramen manapun. Karena kita tidak menyontek bumbu, kita mengulik sendiri sehingga rasanya otentik.
Kedua dari sisi price kita termasuk ramen dengan kualitas bagus tapi  harganya masih affordable untuk banyak kalangan. Kami menggunakan tepung kualitas terbaik.
Kami memastikan bahan baku yang dipakai adalah bahan baku untuk hotel bintang lima.

Apakah NomiNomi Delight akan mengikuti sistem franchise?

Tidak, karena saya tidak suka dengan sistem franchise. Saya lebih senang dengan sistem kemitraan karena saya bisa menjamin bisnis proses dan kualitasnya sesuai dengan standar yang saya mau.

Sudah ada berapa cabang saat ini?

Kami ada di tiga cabang yaitu Rawamangun, Galaxy Bekasi dan Cikini. Yang Cikini masih dalam proses soft launching.

NomiNomi Delight Cabang Cikini

Apa yang menjadi fokus Anda dalam lima tahun kedepan? Apakah akan melakukan ekspansi bisnis lainnya?

Saya akan tetap fokus dengan dunia kuliner. Saat ini adalah saat yang tepat untuk masuk dunia kuliner karena usia produktif sedang tinggi. Potensinya masih sangat bagus. Alhamdulillah omset NomiNomi Delight selalu naik tiap bulan. Kami berusaha untuk memberikan value terbaik untuk customer. Selain itu kami tetap berinovasi dalam menu. Karena tanpa inovasi tidak mungkin kami dapat bertahan sampai hari ini.

Adakah saran bagi pengusaha pemula untuk tetap bangkit?
Pertama, kita harus punya keyakinan kalau proses untuk meraih sukses  selalu ada yang namanya kegagalan. Karena di fase kegagalan ada banyak ilmu yang bisa kita ambil.

Kedua, kita harus gigih dan terus belajar. Itu yang menjadi modal penting.
Ketiga, carilah mentor yang tepat. Ikutlah komunitas yang positif. Bergaul dengan kawan-kawan yang memiliki satu frekuensi, yang punya sudut pandang yang sama tentang bisnis, sehingga kita bisa saling berbagi pengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here