Mitos Terkenal di Indonesia yang Masih Dipercaya

0
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Indonesia adalah negara yang kaya dengan kebudayaan, termasuk mitos. Meskipun nggak masuk akal, ternyata sebagian besar masyarakat kita mempercayainya, lho…

Menyapu di malam hari

Katanya, sih, jika kita menyapu pada malam hari akan dipercaya akan kesulitan dalam mencari rezeki. Pada faktanya, mungkin kita terasa risih jika melihat lantai kotor dan mau nggak mau harus menyapu.

Mencabut bulu alis

Dalam mitos Jawa, wanita dilarang mencabut bulu alisnya. Alasannya adalah berpotensi membuat hubungan suami-istri akan retak dan banyak konflik. Padahal, hubungan suami-istri akan terjalin jika saling memahami dan percaya.

Mandi malam hari

Mitos lainnya adalah mandi saat malam hari. Katanya, sih, mandi malam hari bakalan menyebabkan rematik. Padahal, gejala rematik nggak ada hubungannya dengan mandi malam karena penyakit syaraf nggak sesederhana itu. Bayangkan, kalau kita pulang malam dan nggak mandi, tidur nggak akan nyaman karena kebauan.

Mandi siang hari

Mandi pada siang hari ternyata juga ada mitosnya, lho. Orang zaman dahulu nggak merekomendasikan mandi pada siang hari karena akan menyebabkan proses penuaan dini. Padahal, mandi pada siang hari justru sangat menygarkan dan anti-gerah!

Bulu mata rontok

Katanya, sih, jika bulu mata kita rontok berarti ada seseorang yang merindukan kita. Padahal, bisa jadi bulu mata kita menjadi rontok karena kita terlalu sering mengucek mata atau mengusap wajah.

Duduk di depan pintu

Mitos ini adalah yang paling terkenal dari seluruh mmitos yang sudah ditulis. Buat gadis yang belum mempunyai pacar sangat dilarang untuk duduk di depan pintu (apalagi sampai bengong). Alasannya, sih, bakalan bikin jodoh semakin menjauh. Padahal, logikanya, duduk di depan pintu berpotensi menghalangi orang yang akan lewat. Bukan masalah jodoh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here