Menjadi Entrepreneur

0
Foto: Pixabay

Banyak para pengusaha sukses membagikan perjalanan suksesnya melalui buku, artikel ataupun seminar. Dalam kesuksesan tersebut juga diceritakan betapa tidak mudahnya proses yang mereka lalui. Tidak mudah bukan berarti tidak mungkin lho!

Pertanyaan pun bermunculan. Saya ingin usaha namun masih belum mampu meninggalkan pekerjaan! Sejak kapan idealnya kita mulai menjadi pengusaha? Bisnis apa yang cocok dengan kita? Bagaimana untuk yang tidak punya modal?

Menapaki kehidupan baru, diluar kebiasaan, memang memerlukan adaptasi. Proses peralihan dari pegawai menjadi pengusaha pun juga memerlukan keberanian untuk mengambil segala risikonya. Risiko termanis tentu saja adalah KESUKSESAN.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai terjun menjadi pengusaha.

1. Identifikasi Bisnis yang Tepat

Tentukanlah bidang bisnis yang menjadi minat atau passion Anda. Menjalani hal yang menyenangkan tentunya akan menambah energi dalam berbisnis.

2. Lakukan Riset dan Pahami Pasar

Luangkan waktu untuk melakukan riset pasar dan benar-benar dengarkan dengan baik kebutuhan pasar. Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki demand yang baik.

3. Persiapkan Pengetahuan tentang Bisnis

Menjalani bisnis bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pengetahuan dasar dalam berbisnis. Pengusaha yang berhasil harus mampu memahami berbagai fungsi: penjualan, pemasaran, keuangan, operasional, SDM, dan sebagainya. Selain itu, mmenciptakan perusahaan dari awal membutuhkan kreativitas, ketekunan, dan pembelajaran yang berkelanjutan.

4. Menciptakan Nilai Tambah

Fokus pada melayani orang lain. Semakin banyak orang yang Anda layani, semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan.

5. Berbisnis dengan Integritas

Menjadi pengusaha yang berintegritas jauh lebih baik daripada pengusaha yang sukses karena bisnis yang tidak jujur. Hanya dengan integritas makan bisnis Anda akan sustain.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here