Menguak Proses Terbentuknya Bumi

0

Bagi penyuka astronomi, kita pasti mengetahui bahwa lima miliar tahun yang lalu, kita nggak mempunyai sistem tata surya. Hal yang ada hanyalah awan debu dan gas yang secara perlahan berubah membentuk.sembilan planet, termasuk Bumi, yang dibentuk dari materi yang menggumpal, menyerupai gumpalan bola salju, dan di dalam kabut.

Proses dimulai sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu di pusat nebula matahari. Matahari terbentuk di pusat awan ini. Sementara itu, gas dan bahan lain di bagian luarnya menggumpal. Bebatuan kecil berubah menjadi lebih besar, membentuk cikal bakal planet, atau protoplanet dengan diameter beberapa kilometer. Protoplanet saling bertumbuhan satu sama lain dan menggumpal hingga mencapai ukuran planet−memiliki diameter beberapa ribu kilometer. Hingga ratusan juta tahun, planet tersebut dibombardir trus-menerus secara kuat oleh bebatuan lain.

Sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu juga, bumi telah diselimuti oleh lautan larva yang berasal dari bebatuan yang terbakar yang luasnya mencapai beberapa kilometer. Secara perlahan, lautan larva tersebut mendingin dan membentuk kerak yang dihantam terus-menerus oleh berbagai meteor dan komet. Planet muda kita juga mengalami aktivitas vulkanik yang melepaskan lapisan udara secara radikal dan lapisan udara ini berbeda dengan lapisan udara saat ini. Keberadaan air dimungkinkan berasal dari kedalaman bumi atau dibawa dari angkasa oleh komet dan membentuk laut. Pada saat bersamaan, kerak bumi berupa menjadi benua.

Kemunculan benua, laut, dan lapisan oksigen yang rendah menghasilkan proses pembentukan molekul yang lebih kompleks dan menuntun terciptanya fenomena yang luar biasa, yaitu kehidupan. Bahkan, hal yang lebih mengejutkan lagi, kehidupan dengan sangat cepat dimulai dari laut, yaitu kurang dari satu miliar tahun setelah bumi tecipta. Faktanya, kehidupan memerlukan beberapa miliar tahun lagi ke daratan.

Rinto Agustino

Foto : Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here