Mengenal Listeria, Bakteri Kontaminan Melon

0
Foto: Pixabay

Listeria monocytogenes adalah spesies bakteri berbahaya yang dapat menimbulkan keracunan makanan, bahkan kematian pada banyak makhluk. Baru-baru ini, masyarakat digemparkan karena bakteri ini mengkontaminasi buah melon Australia dan menyebabkan 3 orang meninggal dan 12 lainnya dirawat di rumah sakit. Meskipun melon asal Australia tidak diimpor ke Indonesia, ada kemungkinan buah tersebut masuk ke Indonesia melalui wisatawan. Buah ini sudah diekspor secara luas ke berbagai negara, mulai dari kawasan Timur Tengah, Jepang, Singapura, dan Malaysia. Yuk, kenali bakteri berbahaya ini:

Sering jadi penyebab keracunan makanan

Listeria ini sering menjadi sumber keracunan makanan terutama pada manusia yang memiliki kekebalan tubuh rendah, seperti lansia, ibu hamil, bayi, anak-anak, dan orang sakit. Ada beberapa kasus kematian yang disebabkan buah yang tercemar bakteri ini, misalnya apel asal Amerika Serikat dan melon asal Australia.

Bakteri Gram Positif

Bakteri Listeria monocytogenes (L. monocytogenes) adalah bakteri gram positif yang bergerak dengan flagella. Di Indonesia, bakteri ini juga sebenarnya ada, namun masih dalam tahap yang belum meracuni. Sebab, orang Indonesia terbiasa untuk makan beragam jenis makanan dan disertai berbagai sayuran. Sayuran berserat tinggi memiliki banyak bakteri baik.

Mudah Menyebar

Bakteri ini ada di banyak spesies, mulai dari mamalia (manusia, binatang peliharaan, binatang ternak), spesies burung, ikan, dan kerang. Namun, penyebarannya sangat luas karena bisa masuk di dalam tanah, pakan ternak, feses ternak, dan sumber lainnya.

Kalah Saing dengan Bakteri Lain

Di Indonesia, bakteri ini kalah bersaing dengan bakteri jahat lain seperti E coli dan Salmonella. Kedua bakteri ini adalah bakteri gram negatif yang lebih mudah untuk hidup dan berkembang biak. Maka, ada lebih banyak penyakit yang disebabkan dua bakteri jahat tersebut daripada listeria

Sangat Tahan

Listeria sangat tahan terhadap panas, asam, garam, dan mampu bertahan dalam suhu -0,4 derajat celsius sampai 50 derajat celsius. Maka, listeria masih dapat hidup di dalam lemari pendingin maupun makanan kaleng, di mana sebagian besar bakteri tidak dapat bertahan.

Sebenarnya, infeksi dari bakteri ini dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan. Biasakan untuk membilas bahan mentah dengan air mengalir atau menyikat buah dan sayur sebelum dipotong atau dimakan, termasuk buah yang sudah dikupas. Jangan lupa untuk membersihkan peralatan memasak atau alat pemotong. Pastikan juga untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum mengolah makanan atau makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here