Mengenal Lebih jauh Tentang Klub Public Speaking di Jakarta

0

Buat kalian yang tertarik untuk mendalami keahlian berbicara di depan umum, pasti akan tertarik dengan liputan tim yang satu ini. Pernah dengar tentang Toastmasters Club? Ternyata di Jakarta ini ada banyak Toastmasters Club di mana setiap klubnya memiliki keunikanåÊmasing-masing.

Kali ini tim berkesempatan untuk mewawancarai seorang anggota Innovators Toastmasters Club yang bernama Fransisca Purnamasari. Mau tahu lebih banyak tentang Toastmasters Club?åÊSilakan simak wawancara berikut:

Apakah itu Toastmasters Club? Bagaimana Sejarahnya?

Toastmasters International resmi didirikan tahun 1924 di Santa Ana, California, USA oleh Ralph C. Smedley. Saat ini, lebih dari 345 ribu orang bergabung menjadi anggota di lebih dari 15.900 club yang tersebar di 142 negara. Toastmasters adalah sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pengembangan kemampuan di bidang kepemimpinan dan komunikasi, berdasarkan 4 core value, yaitu ‰ÛÏIntegrity‰Û, ‰ÛÏRespect‰Û, ‰ÛÏService‰Û, dan ‰ÛÏExcellence‰Û. Sesuai dengan misinya, ‰ÛÏWe empower individuals to become more effective communicators & leaders‰Û, program pendidikan di Toastmasters dirancang sedemikian rupa, sehingga setiap anggota diberi kesempatan untuk berlatih berkomunikasi, berbicara di depan umum, memberi masukan, memimpin group, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Sejarah Berdirinya Innovators Toastmasters Club?

The Innovators Toastmasters Club, yang selanjutnya disebut Innovators, adalah Toastmasters Club kedua tertua di Indonesia. Innovators didirikan karena Toastmasters Club pertama dan satu-satunya di Indonesia saat itu, Jakarta Toastmasters Club, anggotanya sudah terlalu banyak sehingga setiap anggota kurang memiliki kesempatan untuk berlatih. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, akhirnya dibentuklah club baru pada bulan Februari 1992 dengan nama The Innovators Toastmasters Club, agar semua anggota bisa memiliki kesempatan berlatih yang cukup. åÊ

Apa saja kegiatannya?

Innovators selalu mengadakan pertemuan rutin 2 kali dalam sebulan, yaitu setiap Kamis kedua dan Kamis keempat setiap bulannya. Di setiap pertemuan, selalu ada 3 sesi utama yang dibawakan, yaitu ‰ÛÏTable Topics‰Û, ‰ÛÏPrepared Speech‰Û dan ‰ÛÏEvaluation‰Û. Sesuai namanya, di sesi ‰ÛÏTable Topics‰Û, anggota berlatih untuk menyampaikan pidato selama 1-2 menit yang tidak dipersiapkan dulu sebelumnya. åÊBerbeda dengan sesi ‰ÛÏPrepared Speech‰Û, dimana di sesi ini anggota menyampaikan pidato yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tujuan pidato dan durasi pidato tergantung proyek pidato yang diambil, umumnya berkisar antara 5-7 menit. Di sesi ‰ÛÏEvaluation‰Û, anggota berlatih mengevaluasi, memberi masukan dan menyampaikan masukan dengan baik. åÊSelain pertemuan rutin, setiap semester, Innovators selalu mengadakan ‰ÛÏSpeech Contest‰Û antar anggota, dimana pemenangnya akan dikirim untuk mewakili club, bertanding di tingkat yang lebih tinggi. åÊ

Juga saat ada peristiwa khusus, biasanya Innovators menyelenggarakan acara khusus terkait peristiwa tersebut.

Kenapa ingin bergabung dengan Toastmasters Club?

Saya pertama kali dikenalkan Toastmasters oleh guru bahasa Inggris saya di kantor tempat saya bekerja akhir tahun 2009. Saya dulu sangat pemalu dan tidak bisa berkomunikasi dengan baik, apalagi berbicara di depan umum. Saat pertama kali datang ke acara Toastmasters, saya datang ke acara ‰ÛÏSpeech Contest‰Û.åÊ Saat itu saya sangat kagum menyaksikan semua peserta lomba menyampaikan pidato dengan begitu hebat. Hal itu mendorong saya untuk menghadiri acara pertemuan rutin club. Ternyata di pertemuan tersebut, saya kembali melihat semua anggota bergantian menyampaikan pidato dengan hebat. Jadi, tanpa ragu lagi, setelah pertemuan selesai saya langsung mendaftarkan diri menjadi anggota di Innovators, karena saya juga ingin belajar dan bisa berbicara dengan baik di depan umum.

Apa manfaatnya ikut kegiatan ini?

Manfaatnya banyak sekali. Dengan bergabung menjadi anggota, selain belajar dan berlatih kepemimpinan, komunikasi, dan berbicara di depan umum, pengetahuan dan wawasan kita juga semakin bertambah, serta memperluas jaringan pertemanan dan kerja.

Bagaimana jika kita tidak bisa berbahasa Inggris?

Banyak orang salah persepsi mengenai Toastmasters Club. Banyak orang menganggap Toastmasters sama dengan English Club, atau tempat belajar bahasa Inggris. Sekali lagi, Toastmasters Club adalah tempat untuk belajar dan berlatih kepemimpinan, komunikasi dan berbicara di depan umum. Memang sebagian besar Toastmasters Club yang ada di Indonesia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Namun ada beberapa club yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Juga ada beberapa club yang menggunakan bahasa Mandarin dan Jepang sebagai bahasa pengantarnya. åÊ

Jadi, fasih berbahasa Inggris bukan merupakan suatu keharusan, jika ingin menjadi anggotanya.åÊ

Jika ingin bergabung, bagaimana caranya?

Untuk bergabung menjadi anggota, seseorang cukup berumur di atas 18 tahun, mengisi formulir keanggotaan, membayar uang pendaftaran dan iuran anggota.

Nah, ternyata Fransisca ini sudah terjun menjadi seorang professional public speaker lho! Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung bisa kunjungi laman Facebook mereka: The Innovators Toastmasters Club.åÊ

åÊ

Foto: Fransisca Purnamasari

åÊ

åÊ

åÊ

åÊ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here