Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

0
Foto: Pixabay

Pendidikan anak adalah salah satu bekal yang terpenting dalam hidup mereka. Sebagai orangtua, kita pasti mengganggap bahwa pendidikan adalah prioritas utama. Masalahnya adalah biaya pendidikan semakin lama semakin mahal. Kalau kita nggak memiliki persiapan matang dan sejak dini, bagaimana bisa kita menyekolahkan anak sampai lulus dari perguruan tinggi? Yuk, cek beberapa tip di bawah ini agar kita bisa mempertimbangkan jenis investasi seperti apa yang tepat untuk dipilih.

Estimasi biaya pendidikan
Kita harus survei berapa perkiraan biaya pendidikan yang dibutuhkan agar kita mengetahui langkah yang harus diambil dalam persiapan mengumpulkan dana. Kalkulasikan persiapan pendanaan secara matang dan pertimbangkan investasi yang memungkinkan untuk tabungan atau asuransi pendidikan anak.

Perkiraan pengeluaran
Kita nggak pernah tahu di institusi mana anak kita akan menuntut ilmu. Jadi, kita juga harus memperkirakan pengeluaran biaya ongkos transportasi, kos-kosan, dan sebagainya. Bersyukur kalau kelak anak kita akan menempuh pendidikan yang lokasinya nggak jauh dari domisili. Kalkulasikan juga biaya tak terduga dan biaya pendidikan yang kenaikannya mencapai 10-20% setiap tahunnya agar persiapan mendatang lebih matang.

Survei produk
Kita harus mempelajari dan memilah produk investasi terbaik. Dulu, orangtua lebih memilih tabungan deposito. Padahal, banyak jenis produk investasi lain yang lebih menguntungkan. Misalnya, reksa dana atau tabungan emas agar kita memiliki keuntungan lainnya selain memiliki tabungan deposito atau asuransi pendidikan.

Menentukan pilihan
Jika kita sudah mempelajari jenis investasi apa yang tepat, jangan lupa untuk mengkaji ulang apa saja keuntungan dan kerugian yang didapat dan sesuai dengan kebutuhan. Kalau masih bingung, kita bisa konsultasikan dengan orang yang ahli dalam bidang investasi. Soalnya, tabungan pendidikan itu sangat penting demi kesuksesan buah hati di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here