Memiliki Aplikasi Android untuk Bisnismu? Lakukan Tip Berikut agar Aplikasimu Terkenal!

0
Foto: Pixabay

Tingkat persaingan dalam industri pengembangan aplikasi kian kompetitif menyebabkan hanya sekedar untuk mempromosikan aplikasi menjadi sesulit perancangan dan pengembangannya. Kini tercatat ada ratusan ribu aplikasi di internet yang siap bersaing dengan aplikasimu.

Seperti pepatah yang sering kita dengar, ‘Tak kenal maka tak sayang’. Jadi seberapapun menguntungkan aplikasimu, apabila aplikasimu tidak menunjukkan eksistensi, maka mereka pun tidak mengetahui bahwa aplikasimu ada. Jika kamu meluangkan waktu untuk mempelajari aplikasi yang paling sukses, kamu akan mengetahui bahwa mereka masih mengiklankan dan mempromosikan aplikasinya meskipun beberapa dari mereka telah mencapai 50 juta unduhan. Pertanyaannya adalah, jika aplikasi yang sukses masih dipromosikan, bagaimana dengan aplikasi baru yang baru saja diluncurkan? Artikel ini menguraikan beberapa teknik untuk mempromosikan aplikasi android.

Optimalkan aplikasimu
Rajin-rajinlah untuk mengoptimalkan aplikasimu. Selain itu, berikanlah icon yang terlihat menarik namun sederhana. Dan jangan lupa untuk membubuhi sebuah keyword yang relevan dengan fungsi yang ada aplikasimu. berikan sebuah screenshoot yang menarik di laman aplikasimu.

Tulis blog untuk mempromosikan aplikasimu
Tulis sebuah blog yang berisi mengenai informasi yang detail mengenai aplikasimu untuk memudahkan calon pengguna aplikasimu mencari informasi. dan kamu dapat mengajukan aplikasimu kepada Website yang biasa mengulas aplikasi. Hal ini merupakan publisitas yang sangat membantu apabila aplikasimu memiliki banyak fitur yang fantastis untuk diulas.

Respon yang tanggap terhadap ulasan dan pertanyaan pengguna aplikasi
Merespon ulasan dan pertanyaan dengan lambat akan diartikan bahwa pengguna bukan hal yang penting untukmu. Maka berilah respon yang tanggap kepada pengguna, karena hal tersebut juga dapat menarik perhatian pengguna yang lain yang menimbang aplikasimu dari seberapa cepat responmu terhadap kritikan, ulasan, ataupun pertanyaan.

Promosikan aplikasimu pada websitemu dan gunakan video demo
Promosikan aplikasimu pada websitemu dan dedikasikan seluruh laman websitemu untuk aplikasimu. Jangan lupa untuk memberikan daftar fitur yang menarik serta keuntungan menggunakan aplikasimu. Dan gunakan pula demo video karena video akan memberikan informasi lebih dari sekedar pesan dan gambar.

Gunakan sosial media untuk mempromosikannya
Gunakan seluruh Sosial Media yang dapat memudahkan para pengguna mengenal Aplikasimu, Seperti, youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Snapchat dan lainnya. Gunakan Kreatifitasmu dan pesan-pesan unik atau Foto-foto yang berhubungan dengan aplikasimu. Semakin menarik dan kreatif pesanmu, semakin banyak pula yang akan penasaran terhadap aplikasimu.

Beri budget untuk menggaet influencer sebagai promotor aplikasi

Pilihan ini sangat efektif tetapi juga mahal kecuali jika kamu dekat dengan influencer media. Beberapa influencer media memiliki ratusan ribu pengikut yang menjadikan influencernya sebagai tolak ukur untuk membeli produk/jasa. Jadi, setelah influencer mempromosikan aplikasi kamu, kamu akan mulai menyaksikan pengunduhan yang luar biasa. Jika kamu mampu menyewa seorang influencer, silakan lakukan.

Tip terakhir adalah kamu tidak boleh berhenti mempromosikan aplikasimu. Pernahkah kamu memperhatikan bahwa hampir semua aplikasi yang sukses masih mendapatkan promosi besar-besaran secara terus-menerus? Itu karena mereka masih menginginkan lebih banyak pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here