Manfaat Tersenyum Bagi Tubuh yang Belum Kamu Ketahui

0
Foto: Pixabay

Senyum tidak hanya membuat orang sekitarmu merasa senang, namun bermanfaat dan dapat menjadi salah satu obat awet muda. Berikut dijelaskan apa saja yang terjadi saat kamu tersenyum dan manfaatnya bagi tubuhmu.

  • Saat senyum kita hanya menggunakan 2 otot saja (bandingkan dengan marah yang menggunakan 13 otot dan bicara yang menggunakan 44 otot ), ternyata hanya bisa dilakukan oleh orang yang hatinya sehat, netral dan tiada beban. Tersenyum merupakan suatu daya dari kemampuan otak kanan kita yang perlu dilatih dan dibiasakan. Karena itu lah sungguh sedih jika kita bisa tersenyum tapi tidak mau berbagi senyum, sedangkan mereka yang menderita kelainan saraf fasial atau Parkinson, ingin tersenyum tapi tidak dapat tersenyum.
  • Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Ketika seseorang tersenyum betapapun sedang tidak bahagianya orang tersebut, maka otak akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus juga membuat perasaan menjadi tenang, tentram, nyaman dan bahagia atau memberi daya angkat beban jiwa bagi kondisi psikologis seseorang.
  • Senyum membuat anda tampak sukses. Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat anda melakukan pertemuan dan saat ada janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat anda akan merasakan sesuatu yang berbeda
  • Studi yang dilakukan William Fry, M.D., profesor dari Stanford University, menunjukkan bahwa senyum dan tertawa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Menurut para ahli itu, 20 menit tertawa, setingkat dengan lima menit aerobik dalam gerakan mendayung bahkan ada juga yang berpendapat, tertawa 1 menit sebanding dengan bersepeda 15 menit.
  • Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here