Makanan Unik Khas Palembang

0

Palembang, Bacadulu.News – Setiap daerah umumnya akan memiliki makanan daerah yang menjadi ciri khasnya, termasuk juga kota Palembang. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Palembang diantaranya sebagai berikut:

Pempek

Makanan ini terbuat dari daging i yang digiling lembut dan tepung kanji serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

Tekwan

Dimana ada pempek biasanya disitu ada tekwan. Tekwan adalah hidangan berkuah yang bahan utamanya terbuat dari ikan dan sagu seperti halnya pempek tetapi berbeda pengolahannya. Selain itu, tekwan dihidangkannya tidak menggunakan cuka tetapi dengan kuah seperti sup berkaldu udang sehingga sangat cocok bila kita ingin menyantap makanan berkuah hangat yang gurih.

Laksan

Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang telah dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu. Adonan ikan dan tepung ini dibuat memanjang dan kemudian direbus bersama kuah santan yang telah dicampur berbagai bumbu lainnya.

Celimpungan

Makanan ini menggunakan ikan tenggiri dan tepung kanji sebagai bahan dasar pembuatannya. Perbedaan paling jelas antara makanan ini dan laksan yaitu makanan ini tidak menggunakan santan sebagai kuahnya, tetapi menggunakan air yang diberikan berbagai bumbu yang ditumis.

Martabak Har

Berbeda dengan martabak yang sering kita lihat, martabak ini hanya berisi telur. Martabak ini disajikan dengan kuah kari yang berisikan daging.

Tertarik dengan makanan khas Palembang yang terkenal enak? (red/SAN)

åÊ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here