Kulkas Boros Listrik? Nggak Lagi, Dong

0
Foto; whirlpool.com

Kulkas selama ini dianggap barang elektronik yang memakan banyak energi. Memang, tagihan listrik bisa melonjak saat kulkas dipasang. Namun, hal itu hanya terjadi jika seseorang tidak pintar-pintar mengatur penggunaan kulkasnya. Nah, ini dia tips agar tagihan listrik tetap aman meski kulkas sudah terpasang.

  1. Tempatkan kulkas di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung

Kulkas tidak boleh terkena sinar matahari langsung atau berada dekat benda yang menghasilkan panas. Selain itu, kulkas juga harus diberi ruang bernapas. Jarak kulkas dari dinding paling tidak 15 cm sehingga kulkas punya saluran tempat udara pasan keluar.

2. Jangan terlalu lama membuka kulkas

Saat pintu kulkas dibuka, udara hangat akan masuk dan membuat suhu kulkas naik. Setiap kulkas dibuka selama 30 detik, butuh waktu 30 menit untuk mengembalikan suhu seperti semula. Proses tersebut ternyata menimbulkan lonjakan energi yang membuat listrik boros.

3. Jangan memasukkkan makanan yang masih panas ke dalam lemari es

Memasukkan makanan panas ke dalam kulkas akan membuat suhu kulkas meningkat. Maka, lemari pendingin akan bekerja keras mengembalikan suhu seperti semula.

4. Mengganti seal lemari es

Seal yang longgar atau rusak membuat lemari es sulit dingin. Jika sudah begitu, lemari es akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan di dalam lemari es. Sudah bisa diduga, listrik yang dikonsumsi lemari es pun akan banyak.

5. Sesuaikan lemari es dengan kapasitasnya

Memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam lemari es dapat membuat lemari es bekerja keras memperoleh suhu yang ditetapkan. Penyebabnya, makanan berlebihan akan menutup jalur udara dingin yang mengganggu sirkulasi udara.

6. Kulkas yang kosong juga tidak baik

Kulkas kosong ternyata membutuhkan daya yang lebih besar untuk mendinginkan kulkas. Maka, lebih baik kulkas dimatikan pada saat isinya kosong. Jangan lupa untuk membersihkan kulkas dan membukanya agar kulkas tidak jamuran.

7. Atur kulkas pada suhu ideal

Membuat kulkas berada pada suhu sangat dingin jelas akan membuat lonjakan tegangan listrik. Idealnya, kulkas bersuhu 2-4 derajat Celcius. Sementara, freezer bersuhu -15 derajat Celcius.

8. Rutin membersihkan kulkas

Bagian seperti freezer dan bagian belakang lemari es (kondensor) harus sering-sering dibersihkan. Di freezer butiran es dan cairan sering muncul, sementara, kondensor sering terkena debu. Semakin bersih kulkas, semakin sedikit energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan makanan di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here