Mempunyai anak buah memang menjadi sebuah tanggung jawab besar yang diberikan oleh perusahaan. Namun, kita pasti memahami dan menilai anak buah mana yang semangat bekerja, berprestasi, atau kinerjanya menurun. Bagi tipe anak buah agar kita bisa memberi perhatian secara khusus agar mereka termotivasi untuk bekerja yang lebih baik.

Si Cuek

Jenis anak buah ini adalah yang memiliki kinerjanya buruk dan memiliki motivasi bekerja yang rendah. Untuk mengatasi jenis anak buah yang seperti ini, kita harus memberikan motivasi. Berikan kepercayaan untuk melaksanakan tanggung jawab yang kita berikan kepadanya. Berikan pelatihan untuk meningkatkan kinerjanya.

Si Kerbau

Rajin dan semangat bekerja, namun kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaannya dinilai kurang. Jenis anak buah yang seperti ini dapat kita poles dengan diberikan pelatihan strategi dan kontrol kerja.

Si Santai

Terlihat bekerja, namun sebenarnya sangat santai. Kinerjanya biasa saja dan cenderung hanya melakukan sesuai job desc­-nya saja. Biasanya, tipe seperti ini adalah mereka yang dulunya merupakan bintang perusahaan dan menjadi santai dikarenakan kekecewaannya terhadap atasan. Berikan motivasi atau apresiasi khusus agar mereka kembali menjadi Si Bintang.

Si Bintang

Jenis anak buah ini adalah mereka yang memiliki kinerja di atas rata-rata. Berikan tantangan dan apresiasi baru, seperti jabatan baru agar semakin bersemangat untuk bekerja yang terbaik untuk perusahaan dan menghindari mereka resign dan pindah ke perusahaan kompetitor.

Hartika Arbiyanti

Foto: Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here