Kenali Manfaat Yoga Bagi Tubuh

0
Foto: Pixabay

Yoga sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Yoga memang berfungsi sebagai bentuk meditasi dan kebutuhan spiritual. Namun, yoga telah menjadi pilihan untuk berolahraga sekaligus bermeditasi untuk mencapai ketenangan spiritual. Ternyata, manfaat yoga nggak hanya sampai di sana saja, lho…

Menekan nafsu makan
Kita dapat memiliki tubuh ideal dengan beryoga. Soalnya, jika hormon dalam tubuh sudah seimbang, kita akan dengan mudah mengontrol nafsu makan. Soalnya, latihan yoga menekankan untuk tetap fokus pada pernapasan yang berfungsi mengontrol nafsu makan. Nggak perlu khawatir lagi dengan timbulnya perut buncit, deh.

Hormon seimbang
Hormon nggak seimbang ditandai dengan gejala kesehatan menurun, mudah lelah, mudah emosi, dll. Dengan beryoga, kita akan mampu mengatasi gejala-gejala tersebut. Lakukan yoga minimal dua kali dalam sebulan agar hormon dalam tubuh lebih seimbang dan mencegah meningkatnya hormon kortisol yang menyebabkan stres.

Antikebas
Yoga juga dapat meringankan anggota tubuh yang sering kebas dan kesemutan, terutama bagi yang sering menggunakan computer atau gadget. Sebenarnya, itu adalah gejala sindrom carpal tunnel. Nah, nggak mau, kan, tangan kita menjadi kaku dan kesemutan saat bekerja? Oleh karena itu, lakukan yoga dengan rutin selama 10 minggu.

Terapi sendi
Yoga memiliki banyak gerakan yang nggak hanya membantu melatih teknik pernapasan, tetapi juga sebagai terapi sendi agar nggak kaku. Oleh karena itu, bagi yang memiliki rematik sangat dianjurkan untuk berlatih yoga. Ketika mengalami kesulitan dalam beryoga, jangan ragu konsultasikan kepada instruktur yoga untuk memilihkan gerakan yoga yang aman untuk sendi agar kita kembali sehat dan bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here