Kenali ‘Alarm’ Tubuh Kelelahan

0
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Terkadang kita nggak memperhatikan bahwa tubuh mulai kelelahan saat kita sedang bersemangat mengerjakan tugas kantor. Padahal, mengabaikan alarm-alarm tubuh di bawah ini bakalan berdampak buruk pada kesehatan kita, lho…

Baperan

Di saat otak sedang kelelahan dan dipaksa untuk berpikir, imbasnya akan sulit untuk mengontrol emosi dan menyebabkan kita lebih mudah baperan. Kalau kita sudah dalam tahap ini lebih baik kita beristirahat. Nggak enak, kan, kalau partner kerja jadi kena getahnya akibat kita kelelahan?

Sering mengantuk

Mengantuk di siang hari bukan hanya terjadi ketika kita insomnia, tetapi juga sebagai alarm bahwa tubuh sudah dalam tahap kelelahan. Soalnya, nih, syaraf otak yang mengontrol kefokusan kita tiba-tiba berhenti sejenak untuk beristirahat. Tentunya, kita bakalan mengantuk sepanjang hari.

Gagal fokus

Aliran darah pada tubuh yang menuju ke otak akan menjadi sangat lambat akibat kita sudah terlalu lelah. Akibatnya, nggak hanya mengantuk dan bikin ‘lemot’, tetapi kita menjadi gagal fokus dan nggak bisa mengerjakan tugas dengan baik.

Sering sakit

Sistem daya tahan tubuh akan menurun dan gampang sakit ketika kita sedang kelelahan. Misalnya, kita baru saja sembuh dari flu, eh, sakit batuk mulai mendatang karena daya tahan tubuh sulit untuk menangkis virus dan bakteri penyakit. Mulailah peduli dengan tubuh kita dan segera beristirahat atau mengambil cuti ketika badan sudah menyalakan ‘alarm’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here