Kampanye Literasi Digital Sabet Penghargaan MarkPlus

Upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika diganjar penghargaan dari MarkPlus, firma konsultansi yang didirikan ahli pemasaran Hermawan Kartajaya, untuk kategori “Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018” segmen non-komersil, Kamis (08/03) malam.

Oleh panel juri pada ajang WOW Brand Festive Day tahun 2018, kampanye literasi digital yang secara konsisten dilakukan Kementerian Kominfo dinilai berhasil karena menggunakan pendekatan lintas pemangku kepentingan.

“Beberapa program semisal INCAKAP (Internet Cerdas Kreatif Produktif) dan IndonesiaBaik.id menjadi unggulan dalam menyabet ragam penghargaan tadi,” jelas Plt Kepala Biro Humas Noor Iza, yang mewakili Kementerian Kominfo menerima penghargaan tersebut.

Di tengah populasi ibu muda yang jumlahnya kian meningkat, INCAKAP menjawab tantangan perkembangan teknologi. Pada program ini Kementerian Kominfo menggandeng Direktur IBM Indonesia, Dinas Pendidikan Jakarta Timur, Ketua Umum Wanita Persahi, bahkan TNI Angkatan Laut dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Melalui INCAKAP, Kementerian Kominfo meningkatkan familiaritas dan pemahaman orang tua seputar penggunaan internet secara cerdas. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan panduan bagi orang tua untuk mencegah anak kecanduan gawai dan dampak negatif dari penggunaan gawai tanpa pengawasan, serta pengenalan Sistem Whitelist Nusantara.

Pendekatan lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan tingkat literasi digital masyarakat juga terlihat pada gerakan SiBerkreasi yang didukung Kementerian Kominfo. Dennis Adishwara, Josie Project Pop, Marcella Zalianty dan Anji hanyalah sebagian dari massa penggerak gerakan ini.

Lebih jauh, konten yang dapat diakses masyarakat tidak terbatas dari IndonesiaBaik.id saja. Situs literasidigital.id memuat 18 buku gratis untuk orang tua dan pendidik yang diluncurkan pada 31 Januari 2018 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here