Jual Takjil Saat Puasa? Perhatikan Ini biar Nggak Rugi

0
Foto: Pixabay

Bisnis takjil atau kuliner selama bulan puasa selalu mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, orang yang biasanya tidak berjualan pun mendadak jadi pedagang. Menu yang identik dengan bulan ramadhan seperti kolak, es campur, lontong, ramai-ramai dicari pembeli. Keuntungan pun bisa didapatkan dengan mudah. Namun, apakah selalu demikian? Jika kurang perhitungan, bisnis yang kamu lakukan justru bisa berujung kerugian. Nah, ini dia tips agar bisnis takjilmu nggak rugi.

  1. Buat stok bahan baku

Saat bulan puasa, bisa dipastikan bahan-bahan kebutuhan pokok akan naik. Nah, bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk bisnis kulinermu, sebaiknya kamu bikin stok untuk bahan yang tahan lama. Jadi, kamu nggak akan kebingungan jika harganya naik drastis.

2. Promosi secara visual atau bau

Saat bulan puasa, kamu nggak bisa memberikan tester untuk calon pelangganmu. Namun, kamu bisa menarik perhatian mereka dengan menggunakan visual yang menarik atau bau yang harum. Misalnya, kamu bisa menggunakan agar-agar warna-warni dan banyak buah-buahan untuk es buahmu.

3. Perhatikan Pesaingmu

Ada gula, ada semut. Ada customer, ada penjual. Jika peminat takjil banyak, tentu, penjualnya pun akan makin banyak. Nah, perhatikan pesaingmu di lokasi kamu berjualan. Pastikan kamu memiliki nilai lebih daripada pesaingmu, ya. Nilai lebih itu bisa berupa pelayanan yang baik, harga yang lebih murah, atau varian rasa yang lebih banyak. Rezeki memang di tangan Tuhan, dan nggak tertukar.  Tapi, kalau dengan usaha ekstra, rezekimu pasti lebih cepat datang.

4. Fokus

Fokus berjualan produk tertentu, jangan dicampur-campur. Sikap fokusmu bikin kamu lebih jago mengatur persiapan usahamu, alat-alat yang dibutuhkan, strategi marketing apa yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

5. Cari Keunikan

Dalam berdagang, kamu butuh keunikan atau hal yang membedakan kamu dari pesaing. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan produkmu dibeli orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here