Jeli Mencari Kerja di Era Digital

Mencari Kerja di Dunia Digital

Nggak perlu susah-susah mendaftar pekerjaan lewat surat kabar lagi di era yang serba digital ini. Hanya dengan sentuhan jari lewat computer, kita bisa mengakses jenis lowongan kerja yang kita inginkan. Namun, kita harus jeli agar kita nggak salah dalam memilih pekerjaan.

Informasi
Kalau zaman dulu, orangtua kita bergantung kepada informasi dari surat kabar dan belum tentu distribusi surat kabar merata di seluruh penjuru wilayah. Kini, hanya dengan mengakses situs pencari kerja lewat internet, informasi lowongan kerja lengkap tersedia dan dapat diakses di mana saja. Oh ya, dari informasi lowongan kerja, kita bisa tahu kandidat yang dicari dan informasi gaji, loh!

Format Surat Lamaran
Jika dulu orangtua kita harus membuat surat lamaran tertulis dan dimasukkan ke dalam amplop, sekarang tinggal mengirimkan soft copy surat lamaran lewat surat elektronik atau ponsel pintar kita.

Waktu
Pengiriman surat lamaran kerja zaman dulu membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari. Kini, berkas soft file lamaran kerja sampai ke perusahaan yang dituju hanya dalam hitungan detik.

Biaya Pengiriman
Dulu, orangtua kita mengeluarkan biaya pengiriman berkas lamaran kerja, seperti perangko, amplop, kertas, dll. Sekarang, kita hanya mengandalkan kuota internet atau wifi, biaya pengiriman berkas lamaran semakin minimal.

Lokasi Rekrutmen
Zaman dulu, proses wawancara saklek bertempat di perusahaan di mana kita meng-apply surat lamaran. Sekarang, proses wawancara bisa dilakukan di coffee shop, restoran, dll.

Hartika Arbiyanti
Foto: Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here