Jadi Remaja Kaya Raya

0
Foto: Pixabay

Bagi pelajar, menabung adalah hal yang sulit dilakukan. Biasanya, sih, kita sering ikut-ikutan tren yang sedang booming. Misalnya, gaya berbusana atau skin care bagi para cewek. Setelah membeli benda-benda yang sedang tren, kemudian menyesal membelinya saat trennya berubah. Padahal, kalau kita menahan hawa nafsu berbelanja, kita bisa menabung uang jajan dari orangtua untuk membeli kebutuhan urgent di masa depan. Yuk, jadilah remaja yang kaya raya!

Bawa bekal dari rumah
Biar hemat dan uang jajan utuh, bawalah bekal dan minuman sendiri dari rumah. Keuntungannya, selain kita bisa menabung, bekal makanan dan minuman yang dibawa dari rumah lebih seha dibandingkan jajan di luar yang nggak terjamin kandungan gizi dan kesehatannya.

Gunakan sapu tangan
Gunakan sapu tangan untuk menghemat pengeluaran untuk membeli tissue yang hanay dapat digunakan sekali pakai saja. Pilihlah kain yang nyaman untuk dijadikan sapu tangan agar dapat digunakan terus-menerus. Jangan lupa untuk mencuci sapu tangan secara rutin, yaa…

Libur jalan-jalan
Biasanya, remaja seperti kita sangat bosan hanya menghabiskan liburan weekend di rumah. Namun, untuk menghemat uang jajan agar dapat ditabung, kita bisa menocba untuk tetap tinggal di rumah saat liburan. Kalau merasa bosan, bacalah buku, mengulang kembali pelajaran, atau makan bersama keluarga. Lagian, nggak ada yang menyenangkan selain berlibur bersama keluarga, kan?

Jual barang bekas
Kalau kita mempunyai barang bekas, seperti baju yang sudah lama nggak dipakai atau buku yang sudah dibaca dan nggak, nggak ada salahnya kita jual kembali. Selain mengurangi beban lemari atau rak buku, kita malah menambah tabungan, kan? Lumayan…

Membeli kebutuhan prioritas
Buatlah daftar belanja kebutuhan yang benar-benar diprioritaskan agar kita nggak terpikat untuk membeli kebutuhan yang belum begitu penting. lebih baik kalau kita juga berusaha mencari diskonan atau promo. Jangan melenceng dari daftar yang sudah dibuat. Atur keuangan sejak masih muda akan membantu untuk mengatur keuangan saat kita telah lulus kuliah dan berkarier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here