Sukses membawa pulang penghargaan Anugerah Planet Muzik 2017 untuk lagu “X” sebagai kolaborasi terbaik, kini Afgan dan SonaOne telah siap memberikan kejutan lainnya untuk para penggemarnya.

Rabu, 1 November 2017 telah diadakan acara Press Conference lagu “X” dan Peluncuran Video Clip Afgan ft SonaOne yang berlokasi di Decanter, Plaza Kuningan, North Tower, Ground Floor Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Lagu “X” ini lahir dari hasil kolaborasi dengan Rapper asal Malaysia, SonaOne, ini memang bukan lagu yang biasa. Afgan sendiri mengaku dari zona nyamannya dalam bermusik untuk menghasilkan single ini. Afgan yang selama ini dikenal penyanyi Ballad Indonesia, kini Afgan mempersembahkan genre yang berbeda dan memperlihatkan kualitasnya sebagai penyanyi Indonesia yang serba bisa.

“Saya akui kalau lagu ini merupakan a whole new sound from me. Tapi saya rasa dari liriknya sendiri pasti banyak orang yang bisa relate dengan lagu ini.” tutur Afgan yang juga mengakui kalau lagu ini adalah lagu favoritnya di album “sides”.

Sebenarnya lagu yang berjudul “X” ini memiliki arti tersendiri yaitu mantan. “Ya, ‘X’ itu artinya mantan, Jadi lagunya tentang ditinggal nikah sama mantan. Kenapa saya nulis lagu dengan tema itu karena saya yakin di Indonesia ini banyak yang ngalamin hal kaya gitu, dan saya tau lagu seperti ini bisa di relate banyak orang jadi keikutan baper, jadi temanya dari awal adalah ga sengaja ketemu dengan mantan terus melihat dia sudah menikah dan akhirnya saya beri judul lagu ini ‘X’.” Jelas Afgan.

Ternyata lagu “X” ini pun berasal dari pengalaman pribadi Afgan sendiri. “Kalo aku sih pernah ngalamin ditinggal nikah sama mantan, dan proses move onnya emang berat. Akhirnya saya nulis lagu ini, lirik lagu ini gue yang tulis sama Sona juga tapi emang sebagian besar dari pengalaman pribadi” tutur Afgan.

Proses pembuatan lagu ini juga cukup singkat, karena Afgan Dan SonaOne telah saling mengenal dan mengagumi karya masing-masing, sehingga terbentuk chemistry diantara keduanya.

“Saya dan Afgan sudah saling kenal sejak lama. Dan waktu itu kami juga pernah saling kontak dengan Trinity Optima Production. Dan waktu pembuatan albumnya, pihak dari Trinity mengajak saya untuk membantu membuat lagu di album ‘sides’. Hanya butuh seminggu, Afgan ke Malaysia untuk membicarakan lagu ini. Dan minggu depannya, saya ke Jakarta untuk proses rekaman,” ungkap SonaOne yang merasa bangga bisa memenangkan penghargaan Anugerah Planet Muzik 2017 pertamanya bersama Afgan.

Single yang memiliki makna mendalam ini juga diikuti dengan kampanye yang menarik. #XceritaMu menjadi salah satu kegiatan sosial media yang bisa mendekatkan para penggemar Afgan dengan single lagu ini. Melalui akun Instagramnya, Afgan mengajak penggemarnya untuk menceritakan perjuangan move on dari kisah masalalu mereka ke Instagram. Setidaknya ada lebih dari lima ratus akun Instagram yang mengikuti #XCeritaMu.

Selanjutnya, Afgan juga berencana mengadakan Xmarket, sebuah garage sale dimana para penggemarnya dapat menghibahkan barang-barang dari masa lalu mereka untuk dijual disana.

Tidak hanya itu, Afgan dan SonaOne telah mempersiapkan video klip untuk single ini. Berlokasi di Korea Selatan, video klip ini digarap dengan apik oleh Candi Soeleman. Menggunakan konsep urban dengan pemandangan gedung-gedung futuristik yang tiap sotnya diambil dengan gaya clean cut dan minimalis, Candi memilih Korea Selatan sebagai lokasi yang tepat di video klip ini.

Afgan sendiri kini telah mendapatkan nominasi dari Anugerah Musik Indonesia 2017 untuk kategori Best Pop Album, Best of The Best Album, dan Best Pop Solo Artist. Mengingat kesuksesan di single “X” ini, rencananya Afgan dan SonaOne akan kembali berkolaborasi di projek lain. Penasaran? Nantikan terus update-nya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here