Ingin Pensiun Dini? Pertimbangkan Lagi

0
Foto: Pixabay

Banyak orang yang nggak berani mengambil pensiun dini. Soalnya,kita belum tentu dapat menerima berhenti bekerja setelah sekian lamanya mengabdi di perusahaan. Tentunya, kita nggak mendapatkan lagi pendapatan. Namun, jika kita menginginkan fokus dalam kegiatan yang sesuai dengan passion kita, seperti travelling atau menjadi pengusaha, tentunya pensiun dini menjadi pertimbangan yang tepat. Sebelum memutuskan untuk pensiun dini, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Bergantung pada pesangon atau uang pensiun
Jangan pernah menggantungkan diri dengan pesangon yang diberikan oleh perusahaan.Soalnya, pesangon nggak akan cukup untuk menghidupi kita sampai lanjut usia karena nilai nominal uang pesangon belum tentu sama nilai gaji bulanan yang diterima sebelumnya. Nggak hanya itu, kita juga harus mempertimbangkan kemungkinan inflasi di masa depan. Aturlah keuangan pribadi dan menabung untuk dana pensiun kelak.

Program dana pensiun
Jangan ragu untuk mengikuti program dana pensiun dari agar dapat mengontrol diri untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung lebih dulu. Sistem autodebet rekening langsung ke tabungan dana pensiun sangat direkomendasikan. Dengan sistem ini, kita sudah nggak perlu cemas karena sistem autodebet langsung dialokasikan pada deposito pensiun kita.

Tabungan cadangan
Satu hal yang kita lupakan adalah kita belum mempunyai tabungan cadangan untuk kebutuhan darurat atau yang nggak terduga. Jangan gunakan tabungan pensiun untuk membiayai kebutuhan darurat. Alokasikan minimal 5% gaji kita untuk menabung di tabungan cadangan. Soalnya, pensiun dini membutuhkan persiapan yang sangat matang dan sebisa mungkin nggak menyentuh tabungan pensiun.

Investasi lain
Jangan pernah berpikir bahwa tabungan pensiun adalah investasi. Soalnya, banyak sekali orang-orang yang sudah pensiun menggunakan tabungan pensiun untuk bermain saham. Padahal, belum tentu pengembalian hasil main saham menguntungkan, bahkan nggak jarang bikin rugi dan bikin bangkrut. Jika ingin berinvestasi, pilihlah investasi tanpa menyentuh tabungan pensiun. Misalnya, tabungan emas atau properti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here