Influencer adalah Kunci dibalik “Budaya Berbelanja” Perempuan Indonesia, menurut GetCRAFT

0

Jakarta, 27 Maret 2018 – Perusahaan marketplace konten GetCRAFT menyarankan brand-brand dan agensi di Indonesia untuk bekerja dengan para influencer demi meraih konsumen wanita lebih banyak lagi, apalagi internet ternyata berpengaruh besar dalam mempengaruhi keinginan berbelanja mereka yang terus meningkat.

Pada acara Jakarta Content Marketing Meetup yang berjudul “The Secret Behind a Woman’s Wallet” tanggal 27 Maret ini, GetCRAFT mencatat bahwa konsumen perempuan diperkirakan mendapatkan penghasilan sekitar 18 triliun dolar AS tahun ini (global), angka ini meningkat dari 12 triliun dolar AS berdasarkan laporan EY pada 2010.

Indonesia diperkirakan akan melihat tren serupa. Data Euromonitor menunjukkan bahwa pendapatan per kapita di antara perempuan di Indoesia meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 12,5% antara tahun 2002 dan 2012, atau pertumbuhan absolut sebesar 325%.

“Internet adalah media terbaik untuk berbicara tentang brand kepada konsumen perempuan di Indonesia, berhubung semakin banyak dari mereka yang menggunakan sumber-sumber online ketika mencari informasi saat ingin berbelanja.” Ujar Anthony Reza, co-founder dan CEO Indonesia.

Ia mengutip data dari Accenture, yang menemukan bahwa di antara pada millennial selalu segmen konsumen yang paling cepat perkembangannya, 46% sumber pengeluaran perempuan datang dari berbagai saluran – online dan offline, membuat mereka menjadi segmen yang cukup besar terhadap penyampaian pesan dan promosi secara online.

Disandingkan dengan fakta bahwa 80% pembeli Indonesia kerap mengecek ulasan pembeli lewat internet dan media sosial sebelum melakukan transaksi pembelian, bahkan ketika pembelian harus dilakukan secara offline, angka ini tetap cukup tinggi pada konten bersponsor.

“Perempuan, seperti konsumen lainnya, mencari originalitas dari para brand dan agensi. Ini berarti pemasar perlu bekerja dengan orang-orang sungguhan, yang menurut penelitian adalah sumber informasi brand atau produk yang paling terpercaya,” Reza menambahkan.

The Jakarta Content Marketing Meetup merupakan sebuah event bulanan yang bertujuan menjadi wadah dan tempat berkumpulnya para brand, agensi, dan para pelaku serta pebisnis industri kreatif untuk membahas tren terbaru dalam lanskap media dan pemasaran Indonesia.

Para pembicara di diskusi kali ini adalah para pemasar perempuan andal: Shinta Nur Fauzia, CEO Lemonilo; Dian Irawati, Director – Services di Indonesia BOI Research; Affi Assegaf, Co-Founder dan Chief Community and Content Officer Female Daily; dan beauty blogger/influencer Harumi Sudrajat.

TENTANG GETCRAFT

GetCRAFT adalah jejaring kretor konten di Asia Tenggara, yang mengubungkan brand dengan lebih dari 4.000 kreator konten terpilih dan media online, yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan kegiatan pemasaran, terutama jika terkait content marketing, influencer marketing, dan native advertising.

Hingga kini, GetCRAFT telah bekerja sama dengan lebih dari 250 brand, untuk lebih dari 3.000 proyek, bersama klien-klien ternama seperti Unilever, Nestlé, P&G, J&J, Coca-Cola, L’Oréal, Google, Samsung, GE, Visa, Traveloka, Gra,b dan masih banyak lagi.

GetCRAFT kini beroperasi di Indonesia (kantor pusat), Filipina, Malaysia, dan Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here