Ilmuwan Membuat Metanol dari Udara di Sekitar

0

Metanol saat ini diproduksi dengan memecah gas alam pada suhu tinggi menjadi gas hidrogen dan karbon monoksida kemudian mereaksikanåÊkembali. Proses iniåÊmahal dan memerlukanåÊenergi besar yang dikenal sebagaiåÊ’steam reforming’ dan ‘methanol synthesis.’

 

Namun penelitiåÊdi Cardiff Catalysis Institute telah menemukan cara yang lebih murah dan efektifåÊmenghasilkan metanol dari metana melalui katalisis sederhana yang memungkinkan produksi metanol pada suhu rendah menggunakan oksigen dan hidrogen peroksida.

 

Temuan, yang diterbitkan di ScienceåÊ2017 memiliki implikasi besar untuk proses industri yang bersih dan ramah lingkungan di seluruh dunia.

 

Profesor Graham Hutchings, Direktur Cardiff Catalysis Institute, mengatakan: “Pencarian untuk menemukan cara yang lebih efisien dalam memproduksi metanol dilakukan lebihåÊseratus tahun. Proses kami menggunakan oksigen, produknya dihasilkan dariåÊudara “bebas” di sekitar kitaåÊdan kombinasikan dengan hidrogen peroksida pada suhu rendahåÊyang membutuhkan sedikit energi”.

 

“Kami telah menunjukkan bahwa nanopartikel emas yang dipaduåÊoleh titanium oksida dapat mengubah metana menjadi metanol, namun kami menyederhanakan proses kimiaåÊdan mengambil bubuk titanium oksida. Hasilnya luar biasa”.

 

“Tahap komersialisasi akan memerlukanåÊwaktu, tapi sains kita memiliki implikasi besar untuk pelestarian cadangan gas alam saat stok bahan bakar fosil menyusut seluruh dunia.”

 

“Saat ini produksi gas alam global sekitar 2,4 miliar ton per tahun dan 4% dari ini bereaksiåÊke atmosfiråÊsekitar 100 juta ton. Pendekatan Cardiff Catalysis Institute untuk menggunakan gas alam dapat mengendalikanåÊgas buang” limbah ” ini dapatåÊmengurangiåÊemisi CO2. Pendekatan kami sangat sesuai karena menggunakan gas,åÊkamiåÊdapat membuatnya mudah dicairkan sehingga mudah dipindahkan. ”

 

Dr. James J. Spivey, Profesor Teknik Kimia di Louisiana State university dan Kepala Redaksi Catalyst Today, mengatakan: “Penelitian ini berdampakåÊsignifikan bagi masyarakat ilmiah dan industri. Konversi sumber dayaåÊkami menjadi nilai yang lebih tinggi. Zat antara seperti metanol menjadikan cara baru untuk zat antara kimia. ”

 

Cardiff Catalysis Institute memiliki reputasi mendunia untuk ilmu pengetahuan. Institut yang bekerja sama dengan industri untuk mengembangkan proses katalitik baru dan mempromosikan penggunaan katalisis sebagai teknologi abad ke 21 yang berkelanjutan.

åÊ

Agustino

åÊ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here