Hair Tonik Dari Bahan Lokal

0

Sumber daya alam Indonesia sangat melimpah ruah. Penelitian berbasis bahan lokal terus digalakan oleh pemerintah untuk memanfaatkan nilai tambah.

Penelitian Nur Islami Rizki Syukrillah, Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan, FPIK, Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian yang memformulasikan hair tonic berbahan dasar teripang dan limbah kulit udang. Penelitian tersebut dilakukan di bawah bimbingan Dr Dra Pipih Suptijah, MBA dan Dr Kustiariyah Tarman, SPi MSi.

Melihat masalah yang dihadapi orang saat ini yaitu kerontokan rambut. Kerontokan rambut dapat menyebabkan alopesia atau kebotakan.

Masalah rambut rontok ini dapat diatasi dengan penggunaan kosmetik penumbuh rambut atau hair tonic. Namun sediaan hair tonic yang terdapat di pasaran belum ada yang berbahan dasar hasil perairan.

“Saat ini penggunaan hasil perairan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut masih jarang dilakukan. Itulah sebabnya pada penelitian ini saya memformulasikan sediaan hair tonic yang berbasis kolagen dari teripang dan kitosan dari kulit udang,” ujarnya dalam siaran pers Humas IPB.

Penelitian ini menggunakan aplikasi nano teknologi untuk dapat meningkatkan kelarutan senyawa, meningkatkan daya absorbsi, dan meningkatkan penetrasi bahan.

“Sentuhan nano teknologi ini perlu agar bahan aktif dapat menembus folikel rambut dan lapisan epidermis sehingga meningkatkan kinerja bahan aktif tersebut.” tambahnya.

Saat ini kolagen yang terdapat di pasaran umumnya berasal dari kulit sapi atau babi yang perlu diwaspadai keamanan dan kehalalannya.

Sehingga salah satu alternatif sumber kolagen yang aman dan halal sangat diperlukan. Salah satunya dapat diperoleh dari hewan laut teripang. Teripang mengandung kolagen hingga 70 persen pada dinding tubuhnya. Bukan hanya itu, dalam formulasi hair tonic tersebut Nur mengunakan limbah kulit udang yang merupakan bahan baku penghasil kitin dan kitosan.

Kitosan dengan ukuran yang lebih kecil dapat menembus folikel rambut dan lapisan epidermis sehingga lebih efektif sebagai antimikroba dan dalam memicu pertumbuhan fibroblast.

Nur berharap agar hasil penelitiannya dapat memperkaya informasi mengenai pengaplikasian kolagen dan kitosan, serta keunggulan teknologi nano partikel pada produk.

 

“Saya berharap penelitian ini dapat menjadi upaya pengembangan hasil perairan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik, serta menjadi suatu referensi dan penemuan baru,” katanya.

åÊ

Agustino

Foto :

åÊ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here