Google Assistant, Bisa Lakukan Pencarian Hingga Menjadi Teman Ngobrol

Foto: assistant.google.com

Sudah pernah dengar fitur baru Google yang disebut Google Assistant? Ya, sesuai dengan namanya, fitur ini benar-benar bisa membantu kita dalam berbagai hal terkait dengan ponsel pintar yang kita miliki. Bayangkan saja, Anda bisa memberi perintah dan Google Assistant akan melakukannya selama dia bisa. Untuk bisa menggunakan Google Assistant, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Tekan tombol ‘Home’ pada ponsel Anda selama beberapa saat.

2. Akan muncul tampilan Google Assistant dan Anda akan diminta untuk merekam suara Anda lebih dulu.

3. Setelah suara Anda bisa dikenali oleh Assistant Anda, selanjutnya Anda bisa langsung memberi perintah atau pertanyaan. Sayangnya Google Assistant ini hanya bisa dijalankan di ponsel dengan Android Marshmallow dan Nougat tertentu.

Ponsel Android Marshmallow dan Nougat misalnya saja: Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy A5, Samsung Galaxy J5, dan beberapa ponsel Android lain yang sudah terpasang Android Marshmallow. Anda juga bisa memperbarui sistem operasi Android Anda menjadi dua versi tersebut agar bisa mencoba serunya Google Assistant. Kenapa seru? Karena Google Assistant juga bisa Anda ajak bercakap-cakap. Fungsi Google Assistant ini antara lain:

1. Menjalankan perintah

Anda bisa memintanya mengingat sesuatu hal seperti lokasi parkir atau nama pacar Anda. Anda juga bisa meminta Google Assistant menyetel alarm untuk Anda hanya dengan perintah suara serta bisa memainkan lagu di Youtube atau Spotify.

2. Bercakap-cakap

Anda juga bisa bertanya beberapa hal pada Assistant Anda dan dia akan menjawabnya dengan jujur dan lucu.

3. Berfungsi sebagai penerjemaAnda bisa memberi perintah untuk menerjemahkan kalimat Anda dalam bahasa asing.

4. Sebagai mesin pencari

Kalau Anda sedang ingin mencari tahu sesuatu, Anda bisa mengatakannya pada Google Assistant. Dia akan menampilkan laman hasil pencarian tanpa Anda perlu mengetik.

5. Sebagai navigator

Berfungsi sama seperti Google Maps, hanya saja Anda tidak perlu membuka aplikasi lagi. Dengan Google Assistant, dia akan membuka aplikasi tersebut untuk Anda.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here