Efektif Entrepreneur: Cara Terbaik Memberi Nama Usaha Anda

0
Pic: Pixabay

Oleh Faj Satria, MSc., MHum

Membuat pilihan nama untuk usaha Anda mungkin tidak mudah, namun memilih nama usaha adalah salah satu pilihan paling penting yang harus Anda lakukan sebagai entrepreneur.

Seorang entrepeneur teringat betapa menyita waktunya proses memberi nama usaha pertama yang pernah dia lakukan. Sastrawan Inggris ternama, William Shakespeare pernah berkata, “Apa arti sebuah nama?”, Tetapi setiap pemilik usaha tahu pentingnya memilih nama yang tepat. Richard Branson yang telah mendirikan banyak perusahaan mengakui, bahwa pengalaman branding usahanya terpusat pada dua perusahaan di awal kariernya: Student dan Virgin (1). Kedua pengalaman ini telah memberikannya beberapa wawasan yang bisa berguna.

Student adalah bisnis Richard pertama, berupa majalah yang dia mulai bersama beberapa teman di bangku SMA. Majalah ini memberikan fokus kepada masalah-masalah kaum muda serta membuat ide-ide bagi para kontributor, pengiklan dan target konsumen yang mereka wawancara. Kemajuan usaha Richard berkembang lebih besar dari sekedar majalah – branding Student bergerak kearah yang lebih luas dan fleksibel, diantaranya: jasa menyelenggarakan konferensi siswa, perusahaan perjalanan untuk pelajar/ mahasiswa, usaha apartemen untuk mahasiswa bahkan Student Advisory Center (Pusat Konsultasi Siswa) – yang membuka hotline untuk memberikan pelayanan kesehatan fisik dan mental bagi kaum muda.

Richard telah melihat bahwa Student dapat menjadi sebuah merek usaha yang memberikan rangkaian pelayanan, dan nama usahanya itu akan segera dikenal serta membawa nilai-nilai penting kedalam pikiran konsumennya. Mengapa sebuah nama usaha (branding) begitu penting? itu adalah identitas nama (branding) bisnis Anda. Sebuah nama usaha akan mengumumkan siapa Anda dan apa yang Anda usahakan. Nama bisnis (branding) itu bertindak sebagai direktori layanan, serta dapat memberikan konrtibusi bagi kesuksesan usaha Anda serta membuat bisnis lebih baik dari para competitor Anda.

Cara memberi nama usaha. Saat memilih nama bisnis perhatikan kiat-kiat efektif berikut. Kiat-kiat tersebut dapat berlaku pada usaha secara online dan juga usaha non-online:

• Unik dan tidak mudah dilupakan: pilih nama yang membuat bisnis Anda menjadi mudah untuk dipasarkan, mudah diingat, mudah dieja dan mudah untuk ucapkan

• Memberi petunjuk tentang bisnis Anda: menyajikan pemahaman jelas tentang apa yang Anda lakukan

• Disukai pelanggan potensial Anda: dapat menyampaikan keunggulan kompetitif bisnis Anda, celah pasar, dan tidak membingungkan pelanggan dengan bisnis serupa

• Bisa memberi inspirasi: membangkitkan minat pelanggan, mempromosikan jenis layanan serta menjual sendiri tanpa penjelasan lebih lanjut,

• Jangan membatasi diri: dapat mewakili kategori bisnis yang Anda masuki, menarik kategori klien yang diharapkan dan tidak terbatas pada lokasi geografis

• Mudah diucapkan dan masuk akal: pilih nama yang nyaman atau akrab yang membangkitkan ingatan menyenangkan sehingga pelanggan merespons bisnis Anda pada tingkat emosional, optimis dan memiliki aura positif

• Keep It Simple: hindari memilih nama bisnis yang panjang atau membingungkan.

Perlukah merekrut ahlinya
Jika Anda tidak memiliki sumber daya internal atau keinginan untuk menangani hal ini sendiri, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk jasa konsultan, apalagi jika nama usaha Anda bisa memengaruhi keberhasilan bisnis Anda. Jasa konsultan bisa membantu Anda untuk memilih nama yang baik dan menjelaskan mengapa nama tertentu akan buruk bagi bisnis Anda. Jasa konsultan pemberian nama juga bisa membantu seputar perlindungan merek dan undang-undang merek jika diperlukan. Namun jasa konsultan pemberian nama tentunya akan mengenakan biaya untuk mengembangkan nama usaha Anda, membantu desain grafis dan paket pelayanan lainnya yang dibutuhkan usaha Anda. Dalam jangka panjang jasa konsultan berkualitas akan dapat menghemat anggaran Anda, juga mereka dapat melakukannya dengan lebih cepat dan obyektif.

Ada sejumlah faktor yang patut Anda pertimbangkan sebelum Anda menggunakan jasa konsultan, antara lain:

• Resiko besar terutama bisa terjadi jika Anda menginvestasikan banyak anggaran untuk meluncurkan produk baru ke target pasar utama Anda dengan beberapa kompetitor yang telah mapan

• Keyakinan Anda pada ketepatan atau obyektivitas tim kreatif Anda

• Jumlah waktu dan energi yang harus Anda curahkan untuk proyek tersebut

• Kemampuan Anda membawa sumber daya ekternal

Solusi kreatif memberi nama usaha
Nama usaha yang tepat dapat membantu meningkatkan citra perusahaan Anda dan membawa bisnis baru Anda lebih baik. Maka, jika Anda memilih nama usaha yang terbaik untuk produk, layanan, atau bisnis Anda, mulailah dengan mempertimbangkan pentingnya nama usaha itu dalam upaya branding.

Nama usaha Anda adalah perpanjangan dari bisnis Anda, dan itu dapat memperkuat nilai bisnis yang Anda berikan atau menjauhkan Anda dari nilai bisnis tersebut. Saat Anda mengembangkan nama untuk bisnis, produk atau jasa layanan, maka Anda memiliki sejumlah pilihan cara berikut:

• Dibuat dari kata (contoh: Google, Yahoo, Facebook)

• Menjelaskan bisnis apa yang Anda lakukan (contoh: Singapore Airlines, Southwest Airlines, Gojek)

• Menggunakan nama pendiri atau penemu (contoh: Abbott Laboratories, Takeda, Hewlett-Packard, Tyson Foods)

• Bisa menjelaskan pengalaman atau gambar (contoh: Pepsi Cola, Sprint,)

• Keluarkan dari konteks (Apple)

Analisa bisnis anda
Ingat kembali semua kriteria bisnis Anda yang ditentukan diawal bagian ini. Nama usaha mana yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda? Nama mana yang paling akurat menggambarkan bisnis yang ada dalam pikiran Anda? Selanjutnya, Anda bisa membuat daftar panjang kata-kata yang menggambarkan apa yang ingin Anda refleksikan pada bisnis Anda. Pikirkan tujuan, waktu, tempat, penggunaan, perasaan, fitur, aspek humor dari bisnis yang sedang Anda lakukan, gambar yang Anda miliki tentang bisnis Anda, hasil dan produk yang sedang Anda tawarkan kepada konsumen serta membuat para konsumen kembali menggunakan produk dan jasa Anda. Jika Anda beruntung, maka Anda akan memperoleh tiga hingga lima nama yang lulus memenuhi semua kriteria bisnis Anda diatas.

Hasilkan beberapa nama bisnis potensial
Jika Anda bersaing di luar area lokal pasar Anda, Anda mungkin menemukan bahwa banyak nama potensial (atau URL) Anda sudah diambil, jadi Anda harus membuat daftar panjang nama-nama potensial tersebut. Lalu, undang berberapa orang ke sesi brainstorming untuk memilih nama usaha yang efektif. Rencanakan dengan baik, dan kumpulkan setiap ide mereka untuk Anda evaluasi kembali dan lebih lanjut.

Beberapa entrepreneur bisa tiba pada keputusan akhir dengan mengikuti insting mereka atau dengan melakukan riset konsumen untuk pengujian nama melalui focus group untuk memastikan bagaimana nama-nama itu dirasakan oleh target konsumen. Kemudian, Anda dapat mencorat-coret ide tentang bagaimana setiap nama akan terlihat pada alat promosi atau pada alat tulis bisnis. Baca setiap nama dengan keras, perhatikan bagaimana kedengarannya jika Anda melihat iklan radio atau pemasaran jarak jauh.

Sekarang, bagaimana Anda membuat keputusan akhir? Setelah keputusan tentang nama (branding) bisnis dibuat, mulailah membangun antusiasme Anda untuk nama baru dengan segera. Nama usaha Anda adalah langkah pertama Anda untuk membangun identitas bisnis yang kuat, serta bisa bertahan selama Anda berada dalam bisnis.

Evaluasi daftar nama Anda terhadap target konsumen
Tujuan Anda adalah menemukan nama usaha yang memenuhi konsumen Anda secara obyektif, jadi berhati-hatilah untuk bertanya kepada teman dan keluarga Anda, apakah mereka “menyukai” suatu pilihan nama usaha.
Uji nama bisnis Anda kepada target konsumen
Pastikan nama itu terdengar bagus di telepon (misalnya, ketika tenaga penjual Anda memanggil calon pelanggan). Pastikan tenaga penjual Anda tidak akan terus-menerus salah mengucapkan atau salah mengeja nama usaha Anda, tidak membingungkan, serta dapat menyampaikan kepribadian merek dan bisnis Anda.

Lindungi nama bisnis Anda
Berikan perlindungan pada nama bisnis Anda untuk mencegah pesaing di masa depan menggunakannya. Pastikan Anda tidak memilih nama yang dapat melanggar hak cipta perusahaan lain, karena Anda dapat menerima surat peringatan dan penghentian usaha ataupun harus pergi ke pengadilan dan mereka akan meminta Anda mengganti nama usaha Anda setelah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun menggunakannya.
Apa yang harus dipikirkan setelah pemberian nama bisnis?

Setelah memilih nama bisnis yang hebat, Anda dapat membuat logo dan identitas perusahaan dan bisnis Anda, serta kemudian mulai membuat kisah merek, kepribadian merek, dan pesan bisnis untuk digunakan di seluruh materi penjualan dan upaya pemasaran bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here