Demam panggung selalu menjadi masalah utama saat kita akan tampil di depan umum dan menjadi pusat perhatian. Sebenarnya, rasa gugup bukanlah hal yang ditakutkan karena rasa tersebut menandakan bahwa ingin menunjukkan yang terbaik. Nah, penyebab demam panggung itu sendiri disebabkan oleh beberapa hal berikut.

Belum Siap

Beberapa hari sebelum ‘maju ke panggung’, pastikan kita sudah mengetahui hal-ahthal apa saja yang ingin kita sampaikan kepada audience. Persiapkan dan pelajari materi yang akan disampaikan agar kita lebih siap saat maju presentasi.

Nggak Pede

Jangan biarkan rasa nggak pede menghantui pikiran kita. Anggap audience seperti patung atau nggak ada orang di dalam ruangan tersebut agar kita menjadi lebih pede dan leluasa saat berbicara.

Mendadak Lupa

Gugup dan nggak pede akan menyebabkan kita lupa dengan materi yang sudah kita kuasai. Cegah ‘lupa mendadak’ dengan membuat poin-poin penting dalam power point saat presentasi atau catatan kecil saat berpidato. Jika terasa awkward, improvisasi nggak ada salahnya yang penting masih dalam topik yang sama.

Ketenangan Fisik

Tenangkan diri sebelum presentasi. Cobalah datang 30 menit lebih awal untuk mengenali ‘medan perang’ dan beradaptasi. Hindari berlari atau latihan fisik sebelum presentasi karena akan memicu adrenalin sehingga fisik menjadi nggak tenang.

Kurang Latihan

Kurang latihan menyebabkan kita akan gugup dan nggak pede saat maju ke ‘medan perang’. Persiapkan dan kuasai materi sebelum presentasi dengan menggunakan cermin. Mintalah pendapat teman tentang performa kita saat latihan.

Hartika Arbiyanti

Foto: Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here