Berhenti Buang Kulit Ayam, Manfaatnya Besar, Lho

0
Foto: hallosehat.com

Siapa yang doyan kulit ayam? Pasti mayoritas orang akan mengangkat jari, dan mengakui enaknya makanan satu ini, terutama jika digoreng kering. Namun, banyak orang yang menghindarinya karena dianggap tak bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, kulit ayam juga dianggap banyak mengandung lemak dan kolesterol yang bikin gendut dan jadi sumber penyakit.

Faktanya, kulit ayam memiliki kelebihan yang justu baik bagi tubuh, yaitu adanya lemak yang baik bagi bagi tubuh. Dalam satu ons kulit ayam, hanya ada lemak jenuh sebanyak 3 gram, sementara lemak tak jenuh jumlahnya lebih banyak, yakni 8 gram. Lemak tak jenuh (omega 6) nyatanya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, di mana hal itu akan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kulit ayam juga menambah aroma dan rasa makanan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi kulit ayam. Yuk, simak:

  1. Jika dimasak dengan benar, kulit ayam nggak bikin gendut

Perlu digaris bawahi, jumlah kalori daging ayam tanpa kulit, dan daging dengan kulit, adalah sama. Jika ada yang berpikir kulit ayam bikin gendut, segera revisi ya, anggapan itu. Nyatanya, jumlah kalorinya sama, kan? Cara terbaik untuk memasak daging ayam berkulit adalah dengan merebus, memanggang, dan mengukusnya.

Sumber gambar: https://hellosehat.com
  1. Jangan menggoreng kulit ayam sangat kering

Menggoreng kulit ayam terlalu kering akan merusak kandungan omega 6 di dalam kulit ayam. Jadi, sebaiknya hindari keripik kulit ayam. Jika kamu memang suka keripik kulit, batasi jumlah konsumsimu, ya. Makan sewajarnya saja.

Sumber gambar: http://www.tipscaraterbaik.com
  1. Tidak perlu menambahkan garam berlebihan

Kulit ayam kan sudah gurih, jadi tidak perlu menambahkan garam lagi secara berlebihan. Kelebihan garam dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Sumber gambar: http://sehatunikmat.blogspot.co.id
  1. Jangan melapisi kulit ayam dengan tepung

Tepung yang digunakan untuk melapisi kulit ayam, justru akan menyerap minyak lebih banyak. Hal ini akan meningkatkan kalori dan lemak jahat di dalam kulit ayam. Jadi, sebaiknya hindari mencampur tepung dengan kulit ayam saat menggoreng.

Sumber gambar: http://sajiansedap.grid.id
  1. Jangan mengkonsumsi secara berlebihan

Mengkonsumsi kulit ayam secara berlebihan dapat mengakibatkan radang tenggorokan, dan membuat tubuh gendut. Jadi, cukup seperlunya saja, ya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here