Berbicara di Depan Umum dengan Percaya Diri

0
Foto: Pixabay

Saat kamu ditugaskan untuk menjadi pembicara pada sebuah event yang di selenggarakan oleh perusahaanmu atau kamu ditugaskan untuk melakukan presentasi untuk menjual produkmu mengetahui Public Speaking merupakan dasar yang harus kamu kuasai. Berikut hal-hal yang yang dapat kamu lakukan untuk persiapan kamu menghadapi pendengarmu!

Aturan pertama adalah Kenali para pendengarmu!

Cari tahu seberapa besar penguasaan para pendengar terhadap subjek yang akan kamu sampaikan nanti. Setelah itu, saat melakukan presentasi jangan terkesan menggurui para pendengar jadilah pemberi informasi namun tidak dengan cara menggurui. Sisipkan selalu kata “seperti yang anda ketahui” lalu mulailah memberikan penjelasan mengenai subjek yang ingin kamu sampaikan. Hal tersebut akan memberikan perasaan yang nyaman pada para pendengarmu dan terkesan lebih friendly.

Aturan kedua bicarakan hal yang dapat menarik perhatian

Memberikan pertanyaan, memakain analogi, pepatah atau mungkin pantun, memberikan kutipan yang kuat akan menjadi, memberikan sedikit candaan yang tidak menyinggung dapat membuat pendengar lebih antusias dalam mendengarkan topik yang kamu bicarakan.

Aturan ketiga persiapkan struktur presentasi

Buat pembuka dari topikmu sederhana, pertengahan topik utama padat dan akhir yang terbaik. Jangan lupa untuk memberikan pertanyaan retorika pada setiap sesi awal dari topik utamanya. Agar kamu tidak gampang untuk terdistraksi, siapkan memo dengan beberapa point yang akan kamu utarakan pada saat presentasi.

Aturan keempat bersikap tenang

Pembawaan yang tenang merupakan satu hal yang penting untuk berkomunikasi dengan pendengar. Saat sebelum memulai membawakan topik yang kamu bicarakan, ada baiknya melakukan persiapan yang matang. Karena persiapan yang matang akan menghasilkan sikap lebih tenang. Terlebih lagi semua tentangmu walau hanya bahasa tubuhmu sekalipun, akan memberikan pesan pada pendengar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here