Benarkah Musisi Rentan Bunuh Diri?

0
Sumber gambar: https://www.allkpop.com

Beberapa waktu yang lalu, publik dikejutkan dengan beragam kasus bunuh diri yang dilakukan oleh musisi, terutama musisi-musisi terkenal. Beberapa contohnya adalah kasus bunuh diri Jonghyun Shinee (18/12), Chester  Bennington (20/11), Cornel (18/5) dan jauh sebelum itu ada Kurt Cobain (1994), dan sederet kasus bunuh diri musisi lain. Melihat beragam kasus bunuh diri yang dilakukan oleh musisi-musisi terkenal, bernarkah musisi rentan terhadap perilaku bunuh diri? Berdasarkan keterangan Steve Stack, direktur pusat penelitian bunuh diri dan profesor di Wayne State University, musisi lebih rentan melakukan bunuh diri tiga kali lipat. Penyebabnya bisa berbagai hal, mulai dari gaya hidup, tekanan pekerjaan, kreativitas, dan lain-lain. Yuk, bahas!

  1. Lingkungan Musisi

Lingkungan hidup musisi dekat dengan alkohol, obat-obatan, dan hal-hal negatif lain. Hal ini dipengaruhi oleh ritme kerja, di mana mereka yang harus bekerja dengan jam tak menentu, rentan terhadap stres kerja. Beberapa akhirnya terjebak pada obat-obatan terlarang dan alkohol sebagai sarana menenangkan diri, yang jelas bukan cara yang tepat. Contohnya adalah Jonghyun yang ketergantungan obat tidur hanya untuk dapat tidur.

  1. Cenderung tertekan

Seniman memiliki tuntutan tinggi, di mana ia harus senantiasa kreatif. Selain itu, musisi juga rentan tertekan karena persaingan di dalam dunia kerja, kekhawatiran akan menganggur, kesulitan uang, dan lain sebagainya. Tekanan-tekanan ini membuat mereka lebih mudah terjangkit depresi, yang merupakan awal dari tindakan bunuh diri.

  1. Penyakit Mental

Meski tidak semua, beberapa musisi dilaporkan menderita penyakit mental. Contohnya adalah Kurt Cobain yang menderita bipolar, dan Jonghyun yang menderita insomnia berat.

  1. Alkohol

Banyak musisi, terutama musisi internasional yang menjadikan alkohol sebagai menu wajibnya. Salah satunya adalah Marvin Gaye, pelantun Sexual Healing, yang harus mengkonsumsi alkohol sebelum manggung.

  1. Genre

Selain itu, beberapa genre memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk melakukan bunuh diri. Genre itu antara lain Metal, Rap, dan Hip Hop. Sementara, musisi jazz, blues, dan country memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang.

Mega Fitriyani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here