Beli Mobil dengan Gaji UMP? Siapa Takut?!

0
Foto: Pixabay

Malas naik transportasi umum? Ingin membeli mobil, tapi terkendala gaji UMP karena baru mulai menjalani karier? Nggak usah, galau. Kita bisa, kok, membeli mobil sendiri dengan tip-tip di bawah ini.

Mempertimbangkan mobil

Kita harus memahami jenis mobil yang sesuai dengan bujet. Soalnya, kita harus realistis untuk nggak membeli mobil idaman yang harganya selangit karena akan memberatkan cicilan. Pilihlah jenis mobil yang harganya sekitar 90-130 jutaan.

Waktu pinjaman panjang

Ambil fasilitas kredit dengan waktu yang panjang agar cicilan mobil terasa ringan. Misalnya, durasi cicilan 8-9 tahun. Untuk mendapatkan fasilitas ini biasanya hanya ada pada saat pameran kendaraan. Jadi, silakan mencari informasi jadwal pameran kendaraan di kota terdekat.

Kontrol pengeluaran

Jika gaji kita hanya pas-pasan, pastikan pengeluaran kita nggak lebih dari 1,7 juta yang sudah termasuk uang makan, transportasi, dll. Soalnya, sisa dari pengeluaran kita akan digunakan untuk membayar cicilan mobil.

Freelance

Jika kita masih keberatan membayar cicilan, ambil pekerjaan sampingan agar dapat menyeimbangkan keuangan kita. Misalnya, kita bisa menjadi penulis lepas, mengajar les privat, atau membuka usaha online shop. Jangan lupa juga membuat target pendapatan dari pendapatan freelance kita minimal RpR500-700 ribu per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here