Beberapa Gaya Belajar dan Maknanya

0
Foto: Pixabay

Tidak ada satupun cara belajar yang salah. Namun dengan kita memahami gaya belajar kita, kita dapat meningkatkan kualitas belajar jadi lebih baik. Berikut tipe-tipe gaya belajarnya!

Gaya Belajar Visual

Gaya belajar visual cenderung mempelajari sesuatu dengan diagram, map, atau bahasa tubuh.  Gaya belajar yang tidak efektif untukmu adalah disaat kamu diharuskan untuk membaca sesuatu yang panjang atau harus memperhatikan tutorial atau mengikuti kelas yang tiada habisnya, hal tersebut hanya akan membuat tipe visual menjadi sangat bosan yang akhirnya berujung pada distraksi. Mengakali hal tersebut, kamu dapat membeli peralatan tulis warna-warni untuk melingkari poin-poin yang penting atau kamu bisa merubah teks tersebut menjadi sebuah grafik yang menarik untuk kamu baca.

Gaya belajar Auditory

Seseorang dengan tipe auditori biasanya akan efektif belajar saat mendengarkan sesuatu atau berada dalam suatu diskusi. Tipe ini akan merasa tersesat apabila terlalu banyak gambar yang tidak berhubungan di dalam presentasi dan dminta untuk menerangkan suatu konsep yang kurang familiar  akan membuat tipe auditori sangat frustasi. untuk itu, tipe auditori harus lebih banyak bertanya dan membagikan apa yang ada dipikiran mu agar memeudahkan untuk belajar dan mengeksplor ide dan konsep baru.

Gaya Belajar Menulis

Tipe belajar ini cenderung  untuk mengingat sesuatu. apabila tidak menulis tipe ini akan panik, dan mudah melupakan poin-poin yang telah dipelajari. Untuk itu, tipe yang satu ini disarankan untuk membuat poin yang berisi deskripsi tertulis atau statistikal grafik seperti bagan mengenai topik yang sedang di bahas. Jangan lupa menanyakan hal-hal yangberkaitan dengan topik tersebut.

Gaya Belaja Kinestetik

Belajar dengan baik saat kamu mempraktekkan teori yang kamu pelajari. Mempelajari suatu hal dengan hanya mendengarkan tanpa ada contoh yang konkrit akan menyulitkanmu saat proses belajar terjadi. Untuk itu, coba buat praktekan hal tersebut saat pembelajaran dilakukan. atau kamu bisa membayangkan langkah-langkah nya atau buat bagan yang berisi langkah-langkah mengenai teori yang kamu pelajari.

Gaya Belajar Multimodal

Tipe multimodal tidak memiliki kebiasaan gaya belajar yang spesifik, saat belajar kesulitanmu adalah belajar dengan lebih efisien. Tipe Multimodal membutuhkan waktu yang lama untuk memproses informasi dikarenakan caramu untuka berbagai tipe belajar untuk suatu informasi. Untuk itu, upayakan mencari tahu tipe belajar mana yang lebih cocok untukmu. Coba salah satu tipe belajar, apabila tidak efektif, kamu dapat mencoba tipe belajar yang lainnya untuk kamu adopsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here