Basic Manner Di Kereta Jepang yang Perlu Kamu Ketahui

0
Foto: http://www.deepjapan.org/a/3390

Apabila kamu ingin mengunjungi suatu tempat wisata di luar negeri yang memiliki transportasi publik yang nyaman, Jepang adalah pilihan yang dapat kamu pertimbangkan. Dibanding dengan membayar taksi di sana yang argonya bisa membuat kamu gigit jari, kereta adalah publik transportasi yang bisa jadi pilihanmu untuk pergi dari satu tempat ketempat lain dijepang.

Jepang terkenal dengan tata krama, kedisiplinan, sikap menghormati sesama, dan sopan santun, mengikuti peraturan dengan tertib merupakan keistimewaan penduduknya yang patut dicontoh, karena menjunjung tinggi hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui apa yang menjadi basic manner dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di kereta. Berikut daftarnya.

Foto: https://www.tofugu.com/japan/why-do-japanese-people-live-so-long/

1). Saat menunggu kereta selanjutnya datang, berdirilah di belakang garis kuning dan membuat satu atau dua barisan. Pada kedua barisan tersebut, biasanya penumpang kereta akan memberikan jarak agak renggang untuk penumpang yang turun lewat.

2). Pada saat kereta berhenti sejenak dan membuka pintu, prioritas utama adalah penumpang yang akan turun. Terburu-buru untuk masuk kereta sangat membahayakan diri dan penumpang lainnya.

Foto: https://www.wired.com/2014/06/nsa-bug-iphone/

3). Matikan HP apabila berdiri dekat atau duduk di tempat duduk prioritas (tempat duduk prioritas yang di khususkan untuk penumpang lansia, ibu hamil, dan penumpang dengan disabilitas). Untuk yang berada di area lain, dapat tetap menggunakan HP namun gunakan silent mode di sepanjang perjalanan.

4). Diusahakan untuk tidak berisik dalam kereta dikarenakan akan mengganggu penumpang lainnya.

Foto: http://medimoon.com/2012/11/cell-phone-addiction-similar-to-compulsive-buying-and-credit-card-misuse-study-finds/

5). Hindari berbicara dengan Hp. Lebih baik gunakan ‘text message’ atau whatsapp dan lainnya.

6). Kecuali berada dalam kereta peluru shinkansen, makan dan minum tidak disarankan, apalagi makanan dan minuman yang dapat meninggalkan sampah atau makan/minuman yang mempunyai bau yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here