Bahasa Tubuh yang Sebaiknya Kamu Hindari!

0
Foto: Pixabay

Bahasa tubuh merupakan bahasa yang tidak selalu baik namun lebih jujur dibandingkan dari kata-kata yang diucapkan. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam menggunakan bahasa tubuhmu di depan publik karena akan dapat membahayakan karirmu ke depan. Berikut ada beberapa bahasa tubuh yang kamu harus hindari di tempat kerja:

1. Bungkuk
Menghadapi orang dengan postur bungkuk merupakan tanda-tanda dari tidak hormat. Bahasa tubuh ini mengkomunikasikan bahwa kamu tidak tertarik dan bosan. Upayakan menegakkan postur duduk kamu tiap kali kamu bertemu dengan klien atau bossmu, karena postur tegak menandakan bahwa kamu atentif dan antusias terhadap apapun yang dikatakan oleh boss/maupun klienmu.

2. Melihat jam saat sedang berbincang dengan klien/boss menandakan kamu tidak sabaran, tidak hormat dan memiliki sesuatu yang lebih penting dibandingkan meeting yang sedang kamu lakukan.

3. Menghindari kontak mata mengindikasikan bahwa kamu sedang menyembunyikan sesuatu. Menghindari kontak mata juga berarti kamu kurang percaya diri dan tidak tertarik terhadap pembicaraan yang sedang berlangsung dan hal tersebut mestinya harus kamu hindari dalam situasi bisnis. Mempertahankan kontak mata sebaliknya menunjukkan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri, kepemimpinan,kekuatan dan intelegensi. Namun, hindari kontak mata terlalu intens karena akan memberikan rasa tidak nyaman pada lawan bicaramu.

4. Genggaman tangan yang lemah menunjukkan bahwa kurangnya kepercayaan diri dan otoritas. Namun, bersalaman dengan genggaman terlalu kuat juga mengindikasikan bahwa kamu cenderung ingin mendominasi dengan usaha yang agresif.

5. Menyilangkan tangan menandakan bahwa kamu tidak terbuka dengan apa yang sedang lawan bicarakan. Walau hal tersebut merupakan hal yang nyaman namun sebaiknya hindari menyilangkan tangan di depan lawan bicaramu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here