Asal Penggunaan Huruf K Untuk Menyatakan Ribuan

0
Foto: Pixabay

Saat penjual-penjual online shop seperti di atas memaparkan harganya, sering kita temui angka yang menggunakan huruf K. Contohnya, barang ini harganya 100 K, yang itu 200 K, dan seterusnya. Bagi pembaca yang belum tau, pasti akan penasaran apa sih arti huruf K itu? maksudnya berapa? Nah di artikel inilah kami akan coba jelaskan tidak hanya arti tapi juga sekalian sejarah asal muasalnya.

Huruf K yang berarti ribu berasal dari bahasa Yunani ( Greek / Greece ). Kata aslinya ditulis “χίλιοι” dan dibaca “cilia” /“Chilo”. Yang mengadaptasi istilah ini pertama kali adalah grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979. Kemudian sistem penghitungan ini mulai banyak yang mengadopsinya hingga sekarang kita bisa menemukannya pada harga barang dan jumlah follower akun media sosial.

Sebenarnya di Yunani sendiri kata Kilo sudah lama digunakan untuk penanggalan hitungan hari atau hitungan apapun. Dan dewasa ini, huruf K ini banyak dipakai dalam bidang ekonomi seperti misalnya pengodean saham. Penggunaan huruf K untuk menyatakan ribu tentu banyak keuntungannya. Selain mempersingkat penulisan, juga bisa menghemat tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here