Banyak di antara kita yang stres saat memasuki tanggal tua. Masalahnya adalah banyak barang idaman diskonan yang bersliweran di pusat perbelanjaan atau online shop, namun keadaan uang di dompet sedang menipis sekali dan memaksa kita untuk sangat berhemat. Padahal, nih, kalau kita tahu trik-triknya, nggak bakalan ada di dalam kamus kita bakalan stres di tanggal tua!

Daftar Kebutuhan

Buatlah daftar kebutuhan bulanan secara rutin setelah mendapat gaji. Prioritaskan kebutuhan pribadi yang sangat penting dan tunda kebutuhan yang nggak terlalu mendesak. Jangan lupa sisihkan pendapatan kita untuk menabung dan membayar tagihan.

Bayar Tagihan

Bayar tagihan atau utang-utang setelah kita membuat daftar kebutuhan bulanan. Misalnya, tagihan listrik, air, pajak, telepon, kartu kredit, atau biaya transportasi. Nah, kalau kita sudah menyelesaikan biaya tagihan, kita bisa membeli kebutuhan sekunder, seperti membeli sepatu atau baju.

Cek Pengeluaran di Tengah Bulan

Cek pengeluaran kita setiap tanggal 13-15. Berapa banyak uang yang sudah kita keluarkan? Dari sana, kita bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang bisa kita tunda agar kita dapat bertahan sampai masa gajian kembali datang.

Uang Koin

Jangan pernah meremehkan uang koin! Uang koin adalah ‘sang penyelamat’ jika kita sedang ‘tercekik’ di akhir bulan. Pisahkan uang kertas dan uang logam dengan dompetnya masing-masing. Simpan uang logam di dompet khusus dan jangan gunakan sampai kita benar-benar membutuhkannya.

 

Foto: Pixabay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here