5 Jurusan Favorit PTN Bidang Soshum

0
Foto: Pixabay

Bidang Sosial sangat dibutuhkan di setiap lapangan pekerjaan atau dalam bidang akademik. Namun, hanya lima jurusan di bawah ini yang menjadi jurusan primadona dan diincar oleh para lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Akuntasi

Setiap institusi pasti membutuhkan auditor untuk mengecek dan mengatasi permasalahan kondisi keuangan. Nggak heran kalau jurusan ini masih merajai di dunia kerja karena dianggap lulusannya berpotensi untuk menjaga ‘nyawa perusahaan’. Gajinya yang ditawarkan juga sangat menggiurkan. Oelh karena itu, lulusan jurusan Akuntansi sangat sedikit kemungkinannya untuk menganggur karena dapat bekerja di mana saja.

Manajemen

Peluang karier yang ditawarkan jurusan Manajemen sangat luas. Dari menjadi wirausahaan, pengelola usaha, konsultan manajemen dan bisnis, sampai menjadi manajer. Nggak salah kalau jurusan ini menempati posisi tinggi karena banyaknya peminat dalam seleksi mandiri, SNMPTN, atau SBMPTN.

Hukum

Jurusan Hukum juga menempati posisi dalam seleksi mandiri, SNMPTN, dan SBMPTN. Soalnya, jurusan Hukum dibutuhkan di segala bidang pekerjaan. Misalnya, legal office, konsultan hukum, pejabat pemerintahan, lawyer, notaris, pajak, keuangan, dll. Apalagi kalau kita berasal dari lulusan PTN ternama, wah, institusi mana pun nggak bakalan nolak kita.

Komunikasi

Biasanya, orang yang suka berbicara di depan umum atau extrovert memilih jurusan Komunikasi sebagai jurusan impiannya karena sesuai dengan minta dan bakat. Lapangan pekerjaannya pun beragam. Nggak hanya bisa jadi wartawan, tetapi juga broadcasting, public relations, komunikasi massa, manajemen media, sampai komunikasi bisnis. Nggak heran, deh, jurusan ini selalu jadi incaran.

Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional sangat cocok bagi yang suka berbicara bahasa asing atau menyukai perkembangan politik di dunia. Lapangan pekerjaan pun juga beragam. Nggak hanya kita bisa bekerja menjadi diplomat di kedutaan besar, tetapi kita bisa bekerja di sektor bidang politik lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here